Arti Lembaga Sosial: Pengertian, Tujuan, Jenis Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Ada banyak sekali lembaga sosial di sekitar kita. Namun mungkin kita belum terlalu paham fungsi dan tujuannya.

Lembaga Sosial sering disebut juga sebagai lembaga kemasyarakatan. Itu karena lembaga sosial adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi.

Selain visi dan misi, dalam Lembaga Sosial juga terdapat nilai-nilai, norma, adat dan unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masyarakat yang sama. Dalam Lembaga Sosial tersebut nantinya juga terdapat aturan yang disepakati bersama sehingga ia dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

Pengertian lembaga sosial menurut Koentjaraningrat adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia

Sementara, menurut Peter L. Berger lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

Menururt Soerjono Soekanto lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat

Fungsi Lembaga Sosial

– Memberi pedoman pada anggota masyarakat. bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah yang berkembang atau muncul di lingkungan masyarakat.

– Menjaga keutuhan masyarakat.

– Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Ada banyak lembaga sosial yang ada di tengah masyarakat. Namun ada beberapa jenis lembaga sosial yang memiliki visi dan misi berbeda. Adapun beberapa jenis lembaga sosial adalah:

1. Lembaga Pendidikan

Lembaga ini adalah lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan mengajar, dimana anggotanya bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam satu bidang.

Dengan adanya interaksi dari para anggotanya juga kemudian membuat anggota yang tergabung dalam lembaga pendidikan itu bisa menjadi lebih baik lagi.

2. Lembaga Agama

Lembaga ini adalah lembaga yang berkaitan dengan agama tertentu dan anggotanya memiliki keyakinan terhadap agama yang sama.

Di dalamnya para anggotanya bisa berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat atas nama keyakinannya.

Dengan adanya Lembaga agama ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan bagi umat beragama.

Contohnya: Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

3. Lembaga Kesehatan

Lembaga ini berorientasi pada pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk menjadikan seluruh masyarakat bisa selalu sehat secara mental maupun fisik. Terkadang ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh lembaga kesehatan ini secara cuma-cuma untuk masyarakat yang tentunya sangat direspons dengan baik oleh masyarakat.

4. Lembaga Politik

Lembaga politik biasanya adalah lembaga di dalam masyarakat yang berkaitan dalam menangani masalah yang berkaitan dengan tata tertib, aturan dan administrasi tertentu.

Lembaga politik juga membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam hal politik.

5. Lembaga Budaya

Lembaga ini di masyarakat termasuk lembaga yang penting karena membantu masyarakat untuk mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Lembaga budaya adalah lembaga yang juga membantu Anda untuk mengenal berbagai macam adat yang ada dalam masyarakat.

6. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga dalam masyarakat yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan memiliki tujuan agar kebutuhan ekonomi dalam masyarakat bisa terpenuhi dengan baik.

Lembaga ekonomi ini juga tentunya menjadi pedoman dan solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat tetap stabil.

Contohnya Koperasi Unit Desa (KUD).

7. Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah lembaga yang mengatur tentang tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan.

Karena tidak semua anggota masyarakat mengerti tentang hukum dan ketika berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap membantu. Contohnya: Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Nah, itulah ulasan singkat mengenai lembaga sosial mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.