Pengertian Bandwidth, Fungsi dan Bedanya dengan Beamwidth

Pelayananpublik.id- Jika Anda sering mendengarkan radio, maka mungkin Anda akan sering mendengar istilah bandwith.
Ya, saat Anda mencari siaran radio anda akan mencarinya dalam bandwith tertentu.

Bandwidth atau lebar pita berhubungan dengan lebar pita frekuensi yang dilakukan rangkaian.

Setiap peralatan atau perangkat transmisi pada sistem telekomunikasi mempunyai bandwidth.

Beberapa pengertian bandwidth  dapat diartikan sebagai spektrum elektromagnetik yang diduduki sinyal. Lebar pita frekuensi yang dilalukan oleh kanal (rangkaian).

Bandwidth juga diartikan sebagai luas daerah spektral yang signifikan dari sinyal untuk frekuensi-frekuensi positif. Dari sudut pandang bandwidth-nya, sinyal dapat dibedakan dalam 2 kategori, yakni sinyal dengan bandwidth sempit,  dan bandwidth tak terbatas.

Istilah lain yang sering terdengar dalam dunia frekuensi radiasi adalah beamwidth.

Beamwidth ini lebih sering dikaitkan dengan antena penangkap sinyal radiasi. Jadi ada yang namanya antena bandwidth, ada pula antena beamwidth.

Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ke arah yang berbeda oleh antena disebut pola radiasi.

Ukuran directivity antena disebut dengan istilah beamwidth antena.

Lebar sudut yang dipancarkan oleh antena diukur dengan HPBW (Half Power Beamwidth). Dengan kata lain, pemisahan sudut antara dua titik dari pusat pola radiasi antena disebut sebagai beamwidth.

Kedua titik itu terletak pada setengah daya maksimum pada pola radiasi, dan sering disebut sebagai titik 3-dB.

Bandwidth di Internet

Sementara itu, bandwidth internet adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu.

Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Jadi bisa dikatakan bahwa bandwidth internet adalah kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Agar lebih mudah dipahami, bandwidth biasa diumpamakan dengan lebar jalan raya. Data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar.

Kebalikannya, jika kendaraan yang lewat banyak maka lalu lintas di jalan tersebut akan tersendat sehingga akan mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.

Nah, jika jalan tersebut semakin besar atau semakin lebar, tentu makin banyak pula kendaraan yang bisa lewat.

Fungsi Bandwidth

Berikut adalah beberapa fungsi bandwidth.

1. Sebagai Ukuran Media Pengiriman Data

Bandwidth sebagai ukuran media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini hampir berlaku di semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, maka terlihat semakin baik pula layanan yang diberikan.

2. Sebagai Pembagi Kecepatan Transfer Data

Dengan adanya bandwidth kecepatan yang dimiliki dapat didistribusikan secara adil ke seluruh pengguna. Pembagian ini juga untuk membatasi agar antar pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Jika tidak dibagi maka bisa jadi seluruh bandwidth yang dialokasikan ke jaringan tersebut hanya dipakai oleh satu pengguna saja dan pengguna lain tidak mendapatkan. Misalnya pada saat mengunduh file dari internet yang sangat besar.

Jika tidak dibatasi, maka koneksi pengguna lain akan lambat atau bahkan tidak dapat terkoneksi sama sekali. Apalagi yang melakukan pengunduhan menggunakan ‘download manager’ tertentu.

3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan terkadang melakukan pembatasan besar data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengganggu stabilitas jaringan karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Bandwidth Pada Komputer

Yang dimaksud bandwidth dalam jaringan komputer adalah kecepatan suatu jaringan melakukan transfer data yang dihitung per detik.

Pengukuran kecepatan dalam bits per second. Sebagai contoh apabila kita menggunakan koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer datanya mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth sebuah jaringan semakin cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

– Badwidth Digital, yakni satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan.

Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

– Bandwidth Analog, fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan hitungnya menggunakan  Hertz.

Bandwidth Pada Hosting

Selain pada komputer, bandwidth juga terdapat pada hosting.

Bandwidth yang tertera pada layanan hosting tersebut biasanya digunakan untuk menentukan berapa banyak besar pertukaran data yang terjadi pada akun hosting.

Demikian artikel mengenai bandwidth, fungsi dan contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *