Pengertian Internet, Asal-usul, Perkembangan, Hingga Dampaknya pada Kehidupan Manusia

Pelayananpublik.id- Internet merupakan kebutuhan penting bagi manusia saat ini. Banyak pekerjaan manusia yang menjadi lebih ringan dan praktis dengan koneksi internet.

Internet hadir dalam hampir setiap lapisan kehidupan masyarakat. Mulai dari hanya untuk bersenang-senang hingga urusan penting sebuah negara.

Penemuan teknologi internet membuat banyak perubahan pada gaya hidup manusia saat ini.

Lalu apa sebenarnya internet itu dan bagaimana asal-usulnya hingga mendunia?

Internet adalah kependekan dari interconnection-networking. Yang artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah pengertian internet menurut pendapat ahli.

1. Supriyanto (2006)

Internet adalah suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda.

Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).

2. Allan (2005)

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Protokol juga memiliki definisi lebih lanjut menurut Allan merupakan sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lainnya.

3. Turban, Rainer, Potter (2005)

Turban, Rainer, Potter menyebut internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.

4. Harjono (2009)

Internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, bahkan bisa mencapai jutaan komputer di dunia kemudian saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainnya.

Supaya komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan suatu media agar saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan bisa menggunakan kabel atau serat optik, bisa juga satelit, maupun sambungan telepon.

Asal-usul dan Perkembangan Internet

Asal-usul internet bermula dari proyek sistem jaringan Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat tahun 1960-an.

Mereka melalui Advanced Research Projects Agency yang disingkat juga sebagai ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET.

ARPANET ini adalah asal mulanya sebelum terbentuk teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984.

Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan di tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat.

Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini.

Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Di tahun 1993, InterNIC pun didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet masuk ke negara kita, Indonesia.

Awalnya di Indonesia internet digunakan untuk komunikasi via media sosial dan pengiriman dokumen melalui email. Lama kelamaan seiring perkembangannya internet mulai menguasai hampir seluruh lini kehidupan.

Dampak Internet pada Kehidupan Manusia

Kehadiran internet di dunia tentu membawa banyak dampak dan perubahan bagi kehidupan manusia baik positif, maupun negatif. Dampak positifnya, manusia diberikan berbagai kemudahan dengan adanya internet. Dampak negatifnya, internet ini bagaikan pedang, bisa digunakan juga untuk kejahatan, tergantung keinginan penggunanya. Berikut kami uraikan dampak-dampak adanya internet bagi kehidupan manusia.

Dampak Positif

1. Dampak Positif :

– Kemudahan Akses Informasi

Salah satu hal yang paling menyenangkan dengan adanya internet adalah tersebarnya banyak informasi hanya dengan dalam genggaman hp maupun laptop. Berbeda jaman dahulu yang harus ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi. Dengan begitu, tugas-tugas sekolah dan kuliah bisa dengan cepat diselesaikan.

– Sarana Hiburan

Selain informasi, internet juga menyajikan hiburan melalui berbagai flatform dan media sosial. Di internet Anda bis mengakses fasilitas hiburan seperti menonton video di youtube, mendengar lagu di spotify, dan lainnya.

– Memudahkan Bisnis

Perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini, saat ini siapa yang tidak punya social media ? Website ? atau fasilitas internet lainnya? Hal tersbut merupakan channel yang bisa digunakan oleh orang untuk berjualan menggunakan internet untuk bisnis online mereka

– Kemudahan Akses Komunikasi

Dampak internet lainnya yang paling terasa adalah kemudahan akses komunikasi. Anda bisa berbicara dengan orang di ujung dunia sekalipun.

Dampak Negatif

– Cyber bulliying

Hal ini yang terkadang suka membayakan karena banyak sekali masalah Cyber bulliying yang terjadi diinternet yang dalam hal ini juga dengan adanya internet juga menyebabkan privasi menjadi akan
– Konten Buruk

Selain konten baik, banyak pula konten buruk di internet yang beredar dengan bebaas seperti kekerasan dan pornografi.

– Penyebaran Hoax

Hal ini juga menjadi hal yang sering terjadi, siapa yang tidak pernah mendapatkan hoax? saya rasa semua pasti sudah pernah mendapatkan berita bohong di internet atau kita sering sebut HOAX. Nah semoga tidak banyak lagi kejadian berita HOAX yang tersebar asalkan kita sebagai pengguna lebih bijak dalam menggunakan internet.

– Cyber Crime

Cyber crime ini merupakan kejahatan internet misalnya penipuan. Penipuan di internet pun banyak modusnya, mulai dari penipuan belanja online hingga pembobolan rekening bank.

Demikian ulasan mengenai pengertian internet, manfaat, asal-usul hingga dampaknya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.