Pengertian Kamus Indonesia-Inggris, Jenis dan Kegunaannya

Pelayananpublik.id- Dalam belajar bahasa Inggris kita pasti sangat membutuhkan kamus. Kalau untuk tingkat pemula tentu yang dipakai kamus dwibahasa yakni Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris.

Sedangkan yang tingkat advance biasanya menggunakan kamus ekabahasa Inggris.
Kamus ekabahasa yang terkenal dan paling sering digunakan adalah Oxford Dictionary.

Sedangkan kamus Indonesia-Inggris yang terkenal adalah karangan John Echols dan Hassan Shadily.

Kamus Indonesia-Inggris biasanya digunakan untuk mencari kata dalam bahasa Indonesia dan terjemahannya dalam Bahasa Inggris. Kamus ini juga sering dipakai seorang guide atau pemandu wisata yang sedang belajar mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris kepada orang asing.

Manfaat Kamus Indonesia-Inggris

1. Menemukan Arti Kata

Manfaat kamus yang pertama ini sebenarnya sudah sangat mendefinisikan apa arti kamus itu sendiri. Pertama, kamus jelas sekali memiliki fungsi utama untuk mencari arti ataupun definisi dari kata dalam bahasa asing yang tidak Anda ketahui.

2. Merangsang kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris

Dengan menggunakan kamus, Anda juga akan belajar mengenai pronunciation alias pengucapan kata dengan benar. Bagaimanakah caranya? Dalam kamus bahasa Inggris yang baik seperti Oxford misalnya, Anda akan mendapati phonetic transcription dari suatu kata.

Phonetictranscription ini merupakan simbol tertulis yang memperlihatkan cara baca yang benar dari sebuah kata. Anda bisa membedakan bagaimana caranya mengucapkan kata “whole” dan “hole” dan seterusnya sehingga membantu Anda belajar pronunciation dengan baik.

3. Memahami kelas kata

Dengan menggunakan kamus yang baik, Anda juga akan bisa mengetahui berasal dari kelas manakah kata yang sedang Anda pakai atau sedang Anda ingin cari. Misalkan saja kata benda (noun), kata kerja (verb) dan juga kata sifat (adjective, adj.)

Kamus yang lengkap akan memberikan keterangan mengenai klasifikasi dari kata-kata tersebut. Sehingga Anda bisa membedakan mana “book” yang jadi kata benda dan mana “book” yang menjadi kata kerja atau kata keterangan dan seterusnya.

4. Memahami penggunaan kata dalam kalimat

Yang terakhir dan tak kalah penting, Anda bisa mendapatkan contoh dari penggunaan kata yang Anda cari diterapkan dalam sebuah kalimat di kamus bahasa Inggris tersebut. Jadi nantinya Anda tidak rancu dalam penggunaan kata.

Misalkan saja untuk kata “book” tadi dimana penerapan kata benda (noun) seperti “i bring the book” yang artinya “saya membawa bukunya” dan penerapan kata “book” untuk kata kerja misalnya “I already booked the hotel room” yang berarti “saya baru saja membooking kamar hotel” dan masih banyak lagi contoh penerapan kalimat lainnya.

Jenis Kamus Berdasarkan Ukuran

Seperti kamus lainnya, Kamus Indonesia-Inggris ini pun memiliki beberapa jenis berdasarkan ukurannya yakni.

1. Kamus Besar

Kamus besar biasanya memiliki enam puluh ribu entri lebih. Contohnya: Kamus John Echols dan Hassan Shadily.
Dalam kamus besar biasanya bukan hanya berisi arti kata tapi juga aturan phonetic dan pronounciation yakni bagaimana cara mengucapkan kata tersebut. Selain itu, dalam kamus besar juga disertakan kelas kata apakah dia kata benda, kata kerja dan sebagainya.
Di kamus besar juga biasanya ditemukan kata-kata yang jarang muncul dan jarang ada di kamus lain.

2. Kamus Sedang

Kamus sedang biasanya mempunyai antara tiga puluh lima ribu sampai enam puluh ribu entri. Sama seperti kamus besar biasanya bukan hanya berisi arti kata tapi juga aturan phonetic dan pronounciation. Hanya saja isinya tentu saja tak selengkap kamus besar.

3. Kamus Kecil

Kamus kecil atau sering disebut kamus ringkas biasa mencapai sekitar tiga puluh ribu entri. Dalam kamus kecil biasanya hanya ada kata-kata umum yang biasa dipakai sehari-hari.

4. Kamus Saku

Kamus saku mencakup antara lima ribu sampai lima belas ribu entri.

Demikian ulasan mengenai kamus Indonesia-Inggris, mulai dari pengertian, kegunaan hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.