Beda Perangkat Input dan Output Serta Contoh-contohnya

Pelayananpublik.id- Jika Anda berkecimpung dalam dunia elektronik pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah perangkat input dan output. Baik perangkat output maupun input memiliki peran penting dalam kinerja komputer. Semakin banyaknya perangkat input dan output pada komputer, maka semakin mudah pula komputer menjalankan pekerjaan.

Perangkat input dan output sendiri sering disebut dengan istilah I/O, yang artinya adalah bagian sistem mikroprosesor yang berfungsi menghubungkan dan menyambungkan alat/perangkat luar dengan komputer. Misalnya mouse, adalah salah satu contoh dari perangkat I/O.

Perbedaan perangkat input dan output adalah cara kerjanya dalam memberi dan menerima perintah di dalam komputer.

Input artinya masukan. Jadi, perangkat input pada komputer berarti perangkat masukan yang memberi perintah langsung berupa informasi digital pada pengguna. Benda ini dapat dilihat dan diraba, bukan seperti perangkat lunak komputer yang sifatnya tidak dapat diraba karena berupa 2 dimensi.

Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer sudah diterjemahkan oleh teknologi komputer itu sendiri sehingga dapat dipahami penggunanya dengan mudah.

Contoh Perangkat Input

Contoh perangkat input yang paling sering terlihat di komputer adalah:

1. Mouse

Mouse merupakan hal yang hampir pasti terlihat jika seseorang menggunakan komputer. Mouse berguna untuk mengarahkan kursor dan memberi perintah kepada komputer dengan mengkliknya.

Begitu juga pada laptop yang mana mouse digantikan dengan touchpad. Touchpad juga merupakan perangkat input.

2. Keyboard

Keyboard merupakan sebuah perangkat yang tersusun atas berbagai key atau tombol – tombol yang dimaksudkan untuk kepentingan tertentu. Keyboard saat ini terdiri dari dua jenis, yaitu keyboard eksternal dan juga keyboard laptop. Perbedaannya hanya terletak pada posisis keyboard tersebut. Lewat keyboard pengguna komputer bisa menginput karakter, menulis dokumen dan lainnya.

3. Flash Disk

Nah, flash disk merupakan tempat menyimpan data dan alat untuk memindahkan data dari komputer ke komputer lain. Flashdisk ini mulai populer sekitar tahun 2006 di Indonesia. Flashdisk pun efektif menggantikan tugas disket pada komputer tahun rendah. Flashdisk dapat memuat lebih banyak data dibandingkan disket.

4. CD Room

CD room memiliki fungsi membaca atau memindai data dari CD. Jadi fungsi CD sendiri sama seperti flashdisk yakni menyimpan data. Untuk membaca data tersebut diperlukan CD room.

5. Webcam

Nah, perangkat yang satu ini juga cukup populer sejak zaman chatroom di Yahoo pada tahun 2006 di Indonesia. Webcam adalah kamera yang terpasang pada perangkat komputer. Fungsinya kurang lebih sama dengan kamera di HP.

Contoh Perangkat Output

Setelah perangkat input, berikut kami rangkum contoh umum perangkat output yang ada di komputer.

1. Monitor

Nah, perangkat yang satu ini bisa dibilang perangkat yang wajib ada. Sebab komputer tidak akan beroperasi jika monitornya tidak ada.

Awalnya, monitor komputer diciptakan seperti layar televisi yakni cembung. Saat ini layar datar sudah mendominasi teknologi komputer.

Gambar tersebut hasil dari pemrosesan data. Resolusi gambar tiap monitor berbeda-beda.

Resolusi mempengaruhi ketajaman gambar. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus gambarnya. Ukuran monitor pun berbeda seperti televisi yang memiliki bermacam ukuran. Perangkat satu ini merupakan ragam soft copy device dengan bentuk flat (layar datar), layar cembung.

Terdapat berbagai jenis monitor, yaitu monitor LCD, tabung sinar kathoda, monitor plasma, dan monitor OLED. Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan media penampil yang memakai kristal cair.

LCD ini dapat kita temui pada alat elektronik, contohnya kalkulator, televisi, notebook, dan layar komputer. Beberapa kelebihan LCD diantaranya hanya membutuhkan daya listrik rendah, mengeluarkan panas sedikit, tipis /flat, dan beresolusi tinggi.

Tabung sinar katode (cathode ray tube / CRT) biasanya digunakan dalam televisi, layar komputer, oskiloskop. Piranti satu ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun. Pada abad ke 20 CRT banyak dipakai oleh orang-orang untuk menonton tv yang sering disebut tv tabung. CRT pada TV tabung ini dikembangkan oleh Philo Farnsworth.

Sinar katode dihasilkan dari katode yang diberi energi panas di dalam sebuah vakum sehingga menghasilkan aliran elektron dengan kecepatan tinggi.

Selanjutnya, monitor plasma mulai digunakan sekitar tahun 1970 dan diciptakan oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow tahun 1964.

Terakhir, monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) ialah semi konduktor yang terbuat dari lapisan organik dan bertugas sebagai pemancar cahaya. OLED biasanya dipakai dalam elektroluminensi, contohnya pada apk tampilan layar. Teknologi diode cahaya organik ini ukurannya sangat tipis sekitar 1 mm atau kurang.

2. Printer

Printer merupakan alat untuk mencetak dokumen atau gambar. Cetakan dari printer berbentuk hardcopy yang dicetak di atas kertas. Alat utama untuk menghasilkan cetakan adalah tinta dan tinta bubuk (toner).

Mesin printer sekarang mempunyai banyak jenis dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Satu piranti tidak hanya satu fungsi, tetapi memiliki beberapa fungsi, seperti scan, print, fotokopi.

Saat ini ada mesin cetak versi baru yang dapat menghasilkan cetakan dalam bentuk 3D. Perangkat cetak 3 in 1 ini memudahkan pekerjaan penggunanya, entah itu yang bekerja di institusi negeri, swasta, perorangan, usaha percetakan, maupun usaha rumahan.

3. Speaker

Nah, perangkat output yang satu ini juga sudah sangat biasa terlihat oleh pengguna komputer.

Speaker merupakan perangkat yang menghasilkan data berupa audio / suara. Di beberapa jenis komputer, Anda harus menggunakan speaker portable yang disambungkan ke komputer dengan colokan USB. Namun di sebagian komputer terutama laptop, speaker sudah tersedia di dalamnya. Namun jika ingin mendengarkan audio yang lebih menggelegar, komputer ini juga tetap bisa dipasangi speaker.

5. Headphone / Earphone

Earphone atau headphone berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan data berupa audio tanpa bantuan speaker. Perangkat ini dapat dipasang pada telinga pengguna sehingga hanya pengguna yang mendengar suara yang muncul dari komputer. Selain itu, piranti ini juga dapat dipakai untuk berbicara karena ada perangkat komunikasinya.

5. Proyektor

Perangkat keras ini merupakan sejenis alat optik, berfungsi menampilkan gambar di layar proyeksi atau benda lain yang dapat menerima pantulan cahaya. Ada berbagai jenis proyektor, yaitu proyektor LCD, proyektor film, slide, overhead, dan proyektor proyeksi.

Perangkat output satu ini mengintegrasikan sistem optik, sumber cahaya, dan display, lalu memproyeksikan video atau gambar ke layar atau dinding.

Demikian ulasan mengenai pengertian dan contoh-contoh perangkat input dan output. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *