Pengertian Olahraga, Jenis, Hingga Manfaatnya Bagi Tubuh dan Mental

Pelayananpublik.id- Olahraga merupakan hal yang sehari-hari didengar oleh semua orang. Salahsatu aktivitas yang hampir setiap hari dilakukan hampir semua orang adalah olahraga.

Pada dasarnya olahraga berarti mengolah atau menggerakkan tubuh secara teratur demi menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga tentu banyak sekali macamnya, mulai dari gerakan simpel, hingga gerakan dan permainan dengan aturan-aturan baku.

Berikut kami rangkumkan pengertian olahraga menurut para ahli:

Menurut Dewan Olah Raga Eropa, olahraga adalah aktivitas spontan yang dilakukan secara bebas. Dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani tiap manusia. Yang nantinya tubuh akan terasa ringan dan fresh. Dengan bantuan suplai oksigen menuju otak tidak terhambat.

Sementara menurut Jessika Doland, olahraga adalah media pereda stres terbaik yang ada di Dunia. Yang bisa mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir. Dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh bisa relaks kembali.

Pendapat lain dari Hans Tandra, olahraga merupakan gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang ditujukan untuk memperbaiki kebugaran tubuh. Dan berguna juga sebagai meningkatkan imunitas tubuh agar terjaga kesehatannya.

Sedangkan Cholik Mutoir menyebut olahraga sebagai proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dapat membantu perkembangan yang membina potensi jasmaniah dan rohaniah.

Olahraga juga memiliki idiologi yang utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia berupa permainan dan pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan pancasila.

Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Pernah dengan istilah “mensano in copore sano”? Istilah itu berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Artinya dengan tubuh yang sehat dan bugar maka orang akan lebih bersemangat melakukan aktivitasnya, bisa berpikir lebih jernih dan tentunya lebih bahagia.

Bayangkan, bagaimana Anda bisa bahagia kalau hanya bekerja duduk di depan layar komputer, pulang ke rumah langsung tidur, esoknya lanjut bekerja lagi. Tak hanya otak yang lelah, tapi juga seluruh tubuh Anda menjadi pasif sehingga Anda mudah terkena penyakit.

Sederhananya, olahraga akan memperlancar aliran darah, dengan demikian sari-sari makanan dan oksigen tersalur dengan tepat.

Nah, olahraga juga banyak dijadikan ajang hiburan bagi beberapa orang. Main sepakbola misalnya, selain tubuh yang berolahraga, Anda juga merasakan senang karena keseruan permainan tersebut, apalagi kalau bersama teman-teman Anda.

Menurut Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona, manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh tidak hanya terkait dengan kondisi fisik, menurutnya manfaat olahraga yang bisa dirasakan adalah membuat pikiran lebih jernih dan mengurangi ketegangan.

Landers mengungkapkan terdapat lima alasan kenapa olahraga baik untuk kesehatan mental, di antaranya:

1. Mengurangi Stres

Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan, beberapa faktor yang menimbulkan stres seperti masalah ekonomi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

Bagaimana caranya Anda dapat menghindari stres? Jawabannya adalah berolahraga. Manfaat olahraga dapat membantu tubuh mengurangi kegelisahan hingga meredam kemarahan.

Alasannya, saat jantung Anda bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan yang membuat Anda stres. Selain dapat mengalihkan pikiran, manfaat olahraga seperti aerobik juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya Anda dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah.

Aktivitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, joging dan yoga.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Dengan olahraga tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak.

Para ahli sepakat jika otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

3. Melawan Penuaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh adalah mencegah penurunan daya kerja otak pada mereka yang sudah lanjut usia. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki.

Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan didapat dengan berjalan kaki rutin selama sembilan minggu.

4. Penyalur Saraf Otak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang otak alfa sudah lama diketahui berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu bermeditasi.

Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang joging 20 sampai 30 menit. Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

5. Menambah Perasaan Senang

Manfaat olahraga ini terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang semuanya merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survei di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktivitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Universitas Duke mengungkapkan, 60% penderita depresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan, dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter.

Selanjutnya, tujuan dari Olahraga sendiri sangat beragam. Hingga mengeluarkan berbagai pengertian olahraga yang sangat luas. Serta banyak yang menganggap bahwa olahraga hanya sebagai hobi, mempercepat proses diet, atau keinginan membentuk otot tubuh. Dan juga sekedar bermain. Namun, olahraga sendiri akan berbuah manis jika seseorang melakukannya dengan rutin dan dalam terarah untuk mengikuti PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES, dan lain sebagainya.

Macam-macam Cabang Olahraga

Seperti yang disebutkan di atas, olahraga memiliki macm dan cabang. Olahraga simpel yang bisa dipraktekkan untuk pribadi masing-masing hingga yang dipertandingkan secara Internasional. Berikut ini cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

1. Permainan Bola

Permainan bola ini terdiri dari bola kecil dan besar. Permainan bola besar adalah bola basket, bola voli, futsal, golf, sofbol, tennis lapangan, boling, sepak bola, bola tangan dan lain sebagainya.

2. Atletik

Olahraga ini merupakan olahraga gabungan dari berbagai jenis olahraga yang dikelompokkan menjadi satu. Yaitu olahraga lari, lompat dan lempar. Contoh olahraga atletik sendiri adalah lari jarah pendek, lari jarak menengah, lari maraton, tolak peluru, lempar lembing, lompat tinggi dan masih banyak lagi.

3. Bela Diri

Cabang olahraga seni beladiri kini semakin menjadi idola baru dalam cabang Olahraga.

Contohnya silat, bela diri silat adalah olahraga yang dikembangkan di Indonesia. Olahraga yang diperlombakan dalam tingkat Olimpiade ini harus berkembang dan bersaing secara positif bersama seni beladiri aikido, judo, wushu, karate, gulat, kempo, wing tsun, dan taekwondo.

4. Berenang

Olahraga air ini, merupakan cabang olahraga yang dilakukan di dalam air. Kompetisi ini selalu dimasukkan dalam segala pertandingan. Kelas renang yang biasa diperlombakan yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Nantinya olahraga ini akan diperlombakan secara acak, sesuai dengan kecepatan waktu yang di tempuh.

Demikian ulasan mengenai olahraga, jenis hingga manfaatnya bagi kesehataan tubuh dan mental.Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.