Pengertian Observasi, Manfaat, Tujuan dan Jenisnya

Pelayananpublik.id- Anda tentu sudah tak asing lagi dengan kata observasi. Ketika Anda mendengar kata observasi, apa yang Anda pikirkan, pengamatan? penelitian?

Ya, secara umum observasi memang berkaitan dengan pengamatan dan penelitian atas suatu objek. Nah, biasanya observasi dilakukan untuk mengetahui sebuah fenomena, baik penyebab maupun dampaknya atau lebih luas dari itu.

Observasi secara etimologi adalah observasi berasal dari Bahasa latin yang mempunyai arti “melihat dan memperhatikan”.

Nah, untuk lebih memahami arti kata observasi, silakan simak penjelasan dari para ahli berikut ini.

– Gibson, R.L Dan Mitchell. M menyebut observasi adalah teknik yang bisa untuk digunakan sebagai seleksi derajat untuk menentukan sebuah keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Untuk pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus dibantu menggunakan metode penelitian yang lainnya.

– Margono (2007) mengatakan observasi secara dasarnya adalah teknik yang digunakan untuk melihat dan juga untuk mengamati perubahan dari fenomena-fenomena sosial yang berkembang atau tumbuh yang selanjutnya dapat dilakukan perubahan dari penilaian tersebut.

– Suharsimi Arikunto berpendapat observasi merupakan sebuah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang ada di lingkungan baik itu yang sedang berlangsung atau masih dalam tahap yang meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap suatu kajian objek yang menggunakan pengindraan. Dan merupakan dari suatu tindakan yang dilakukan secara sengaja atau sadar dan juga sesuai urutan.

– Nawawi Dan Martini mengatakan observasi adalah sebuah pengamatan dan juga pencatatan secara urut yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam suatu fenomena pada objek penelitian tersebut. Dan hasil dari pengamatan tersebut selanjutnya akan dilaporkan dengan susunan secara sistematis dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Tujuan Observasi

Tindakan observasi tentu memiliki tujuan secara umum dan khusus. Secara umum observasi bertujuan mengamati suatu objek dan fenomena. Nah, kalau tujuan secara khususnya, tergantung objek apa yang diamati.
Berikut merupakan tujuan observasi:

1. Observasi dilakukan untuk menggambarkan suatu objek dan segala yang berhubungan dengan objek penelitian melalui pengamatan dengan menggunakan panca indera.

2. Observasi dilakukan untuk mendapatkan suatu kesimpulan mengenai objek yang diamati, dimana kesimpulan tersebut disusun dalam sebuah laporan yang relevan dan bermanfaat bagi bahan pembelajaran.

3. Observasi juga dilakukan untuk mendapatkan suatu data atau informasi yang dapat dibagikan kepada pihak lain dalam bentuk karya ilmiah atau non-ilmiah.

Manfaat Observasi

Selain tujuan,observasi juga memiliki beberapa manfaat. Mengacu pada pengertian dan tujuan observasi yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa manfaat observasi yang bisa didapatkan. Adapun beberapa manfaat observasi adalah sebagai berikut:

1. Suatu hasil observasi dapat dikonfirmasi dengan hasil penelitian.

2. Deskripsi dalam observasi dapat menjelaskan atau memperkirakan mengenai dunia nyata.

3. Memungkinkan orang lain untuk menafsirkan hasil penemuan dan bagaimana akan diinterpretasikan.

4. Observasi dapat menjelaskan mengenai suatu peristiwa dan dapat diuji kualitasnya, serta menimbulkan spekulasi tentang peristiwa tersebut dalam aturan nyata.

5. Observasi dapat mencatat indikasi yang terkadang tidak nyata berlangsungnya.

6. Proses observasi dapat mencatat keadaan yang tidak dapat direplikasikan dalam suatu eksperimen.

Jenis-Jenis Observasi

Observasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis observasi adalah sebagai berikut:

1. Observasi Partisipasi

Jenis observasi ini dilakukan dengan adanya observer yang terlibat langsung secara aktif dalam objek yang diteliti. Sebaliknya, observasi non-partisipasi dilakukan tanpa adanya keterlibatan langsung peneliti sebagai observer.

2. Observasi Sistematis

Observasi Sistematis atau disebut juga observasi berkerangka adalah observasi yang telah ditentukan terlebih dahulu kerangkanya. Di dalam kerangka tersebut terdapat faktor-faktor yang akan diobservasi berdasarkan kategorinya.

3. Observasi Eksperimental

Observasi eksperimental adalah observasi yang dilaksanakan terhadap situasi yang telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk meneliti suatu objek tertentu.

Demikian ulasan mengenai observasi,jenis, manfaat dan tujuannya. Semoga artikel ini bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *