Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Beserta Contohnya

Pelayananpublik.id- Ketika menulis sebuah karya ilmiah, Anda diwajibkan menuliskan daftar pustaka. Semakin banyak daftar pustaka yang tercantum akan semakin baik pula kualitas tulisan tersebut karena banyaknya referensi.

Sebaliknya jika daftar pustaka hanya ada satu dan dua, tulisan ilmiah tersebut bisa diragukan referensinya.

Daftar pustaka sendiri adalah tulisan yang terdapat di bagian akhir dari karya tulisan yang berisi rujukan atau referensi pembuatan tulisan.

Daftar ini akan memuat nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, serta tahun terbit yang akan dijadikan rujukan ataupun sumber dari tulisan yang dibuat.

Tujuan Membuat Daftar Pustaka

– Menguatkan kebenaran dari karya tulis. Karena semakin banyak daftar pustaka dan referensi si penulis maka pembahasan dalam karya tulisnya jadi dapat dipercaya. Apalagi kalau referensinya juga berasal dari sumber yang terpercaya.

– Daftar pustaka juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui di kota mana penerbitan buku dilakukan dan tentunya pada tahun berapa buku tersebut diterbitkan. Dari sana bisa diketahui apakah buku tersebut terbitan lama atau masih baru.

– Menguatkan pendapat penulis dari nama pengarang buku sumber referensi. Jika pengarang bukunya terkenal dan terpercaya maka itu bisa menguatkan pendapat si penulis dalam karya tulisnya.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Membuat daftar pustaka tentu jauh lebih gampang daripada membuat sebuah karya tulis itu sendiri. Sebab dalam menulis daftar pustaka, Anda hanya perlu menulis info mengenai buku/majalah/sumber manapun yang menjadi referensi Anda.

Namun menulis daftar pustaka tentu tidak sembarangan. Ada beberapa aturan baku penulisan yang harus dipatuhi. Berikut adalah aturan menulis daftar pustaka.

1. Dimulai dengan Nama Belakang Penulis

– Jika nama penulis terdiri dari 2 suku kata maka nama belakang harus diletakkan di depan. Contoh nama penulis Muhammad Ramlan. Maka harus ditulis nama belakang Ramlan (koma) Muhammad (titik). (Ramlan, Muhammad.).

– Jika penulis ada dua orang maka nama belakang hanya untuk penulis pertama. Misal penulis Muhammad Ramlan dan Rina Purwati. Maka penulisannya: Ramlan, Muhammad dan Rina Purwati.

– Jika penulis lebih dari dua orang, maka penulis pertama diambil nama belakangnya kemudian ditambahkan dkk. Misal penulis adalah Muhammad Ramlan, Rina Purwati dan Kinanty. Maka penulisannya: Ramlan, Muhammad dkk.

– Penulisan nama tidak perlu mencantumkan gelar penulis.

2. Urutan Penulisan Daftar Pustaka

 

– Nama penulis (dibalik dan setelahnya diberi titik (.).

– Tahun terbit (Jika tak ada tulislah “tanpa tahun”).

– Judul buku yang digunakan ditulis dengan huruf miring (italic).

– Nama kota atau tempat di mana karya diterbitkan dan akhiri dengan tanda titik dua (:)

– Nama Penerbit lalu tanda (.)

Contoh sebuah buku berjudul Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen dan Yahudi ditulis oleh Manshur Abdul Hakim tahun 2004 di Depok dan diterbitkan oleh Gema Insani. Maka penulisan daftar pustakanya adalah:

Hakim, Manshur Abdul.2004. Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen dan Yahudi. Depok: Gema Insani.

4. Urutan Isi Berdasar Abjad

Dalam penulisan daftar pustaka, Anda harus mengurutkan semuanya berdasarkan urutan abjad mulai dari huruf A hingga Z. Coba sesuaikan dengan huruf di awalan nama-nama penulisnya.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Daftar pustaka bisa berasal dari buku, majalah, artikel koran, bahkan internet. Semuanya memiliki aturan penulisan tersendiri. Berikut kami rangkum contoh-contoh penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.

1. Sumber Buku

Hafid, Meutya. 2007. 168 Jam Dalam Sandera: Kisah Jurnalis Indonesia yang Disandera di Irak. Jakarta: Ekspose.

Susilo, Rahaden dkk. 2008. Tata Bahasa Inggris. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sastra Bahasa Indonesia.

Depag. 2001. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Nikah Adat Jawa. Jakarta: Depag.

– Contoh penulisan buku cetakan dan judul berbeda namun penulisnya sama

Andriani. 2007. Ekonomi Level Menengah. Semarang: Media Swara.

_______. 2010. Ekonomi Level Menengah Jilid II. Semarang: Media Swara.

2. Sumber Majalah

Damono, Supardi Djoko. 2004. Majalah. Menganalisis Puisi Siswa. Jakarta: Majalah Horison, No 5 Thn. 04. (12 Januari-20 Februari 2004)

3. Sumber Koran

Price, K. 2006. Koran. Get It Covered – Modeling Standard Of Cover with ArcGIS Network Analyst 9.2. ArcUser Magazine, October-December, 2006, pp. 48-53.

4. Sumber Jurnal Ilmiah Cetak

-Skripsi, Tesis, Disertasi

Mustafa, Dimas Eva. 2018. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta: Universitas Indonesia.

– Makalah

Indriati, E. 1998. Moral Patterns On Javanese People. Makalah dipresentasikan pada The International Conference On Paleoanthropology, October 14-16, Beijing.

5. Sumber Jurnal Ilmiah di Internet

Henry, Bill. 2002. Jurnal. Advancing Quality Through Additional Intention About Result. Chronicle. Vol. 2 number 21, January 2. Dalam http://www.chea.org/chronicle/vol.1/no.11/index.katml diakses pada 20 Desember 2007.

6. Sumber Artikel di Internet

Raharja, Budi. 2001. Artikel. Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini: Siapkah Indonesia?. Dalam http://infoguruterbaru.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.katml diakses pada 6 Desember 2016.

7. Sumber Kamus

David-Longlay, D.W. 2008. Geographic Information Systems and Science. The New Encylopedia Britannica. Encylopedia Britannica 322: 651-701.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Nah, bagi kalian yang sedang membuat karya tulis dan ingin menulis daftar pustaka. Ada cara otomatis yang bisa diterapkan di Microsoft Word.

Hasilnya, seluruh daftar pustaka Anda akan ditampilkan dengan urut dan sudah rapi.

Berikut langkah membuat daftar pustaka otomatis dari Microsoft Word.

1. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer atau perangkat Anda.

2. Klik Ribbon References > Manage Sources, Akan muncul jendela atau tab baru bernama Source Manager.

3. Pada tab tersebut, klik New. Nantinya akan terbuka tab baru lagi dengan nama Create Source.

4. Silakan pilih bahasa apa yang mau Anda gunakan di Language.

5. Lanjutkan langkah Anda dengan memilih sumber daftar pustaka apa yang mau dimasukkan.

6. Jika ingin tambah sumber lain, klik New.

7. Untuk menampilkan hasil daftar pustaka Anda di lembar kerja Microsoft Word, klik Ribbon References > Bibliography > Insert Bibliography.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat daftar pustaka dari berbagai sumber beserta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

1 reply on “Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Beserta Contohnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.