Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kuliah dan Kerja

Pelayananpublik.id – Artikel terkait contoh surat izin sudah banyak di-posting berbagai situs di internet. Namun sayangnya, kebanyakan dari situs yang mem-posting terkait “surat izin” hanya mengandalkan banyak contoh “surat izin” tanpa membuat bagaimana cara meyakinkan penerima surat atau orang yang berwenang memberikan izin kepada anda. Parahnya, banyak situs yang salah menafsirkan arti dari “surat izin”.

 

Sebelum masuk dalam pokok pembahasan “Tips dan Trik Membuat Surat Permohonan Izin yang Baik dan Benar”, terlebih dulu kita membahas arti sebenarnya  dari “surat izin”. Ya, kerap kali pengguna internet yang mencari bagaimana cara membuat surat permohonan izin di mesin pencari (google, ask, yahoo dan lainnya)menulis “contoh surat izin” di kolom keyword (kata kunci).

 

Mari kita luruskan bersama makna dari “surat izin” agar kita tidak keliru dalam tujuan pembuatan surat. Jika kita mengartikan “surat izin” dalam kaidah penulisan, artinya adalah surat izin yang dikeluarkan/diterbitkan oleh lembaga atau perusahaan kepada orang yang meminta atau bermohon agar bisa mendapat izin dari pimpinan lembaga atau perusahaan.

 

Salah satu contoh surat izin yakni, “Surat Izin Mengemudi (SIM)”. Sebagian besar dari kita semua sudah tahu apa itu SIM. Ya, SIM adalah surat izin yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian untuk orang atau pengemudi yang telah lulus dalam ujian pembuatan SIM. Nah, sebelum mendapatkan SIM, orang atau pengemudi tersebut terlebih dulu membuat permohonan surat izin mengemudi dengan cara mengisi formulir atau dengan cara mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan sesuai peraturan yang berlaku.

Jadi sampai di sini sudah jelas, bahwa surat izin adalah surat yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh lembaga atau perusahaan yang berwenang. Sedangkan, kita sebagai Pemohon adalah orang yang menerima atau mendapat surat izin dari lembaga tersebut dengan cara membuat “Surat Permohonan Izin”.

Jadi, yang kita bahas dalam artikel ini adalah “Surat Permohonan Izin”. Arti dari Surat Permohonan Izin adalah surat yang dibuat oleh orang atau pemohon agar mendapat izin tertentu dari pihak yang berwenang di lembaga atau perusahaan.

Disini, kita akan membahas bagaimana cara membuatberbagai surat permohonan izin. Kami juga telah membuat berbagai contoh untuk memudahkan kita semua dalam membuat surat permohonan izin. Selain itu kita juga membahas cara sederhana agar si penerima surat atau pihak yang berwenang bersedia memberikan atau menerbitkan izin untuk anda.

Tujuan kita membahas soal tips dan trik membuat “Surat Permohonan Izin” agar anda yang membuat membuat surat tersebut bisa mendapat izin dan respon baik dari penerima surat tersebut. Pembuatan surat yang baik dan menarik juga menghindarkan kita dari kecurigaan pihak yang berwenang atau atasan kita.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui dalam penulisan surat permohonan izin :

 

  1. Penggunaan Bahasa

“Surat Permohonan Izin” merupakan surat permohonan non-formal atau formal. Sebagai pemohon, sebisa mungkin kita menggunakan bahasa yang efektif dan efisien dalam surat tersebut. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele. Gunakan kata sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

  1. Penggunaan Tanda Baca

Jangan sepelekan penggunaan tanda baca, karena pada surat permohonan izin hal ini sangatlah penting. Penggunaan tanda baca yang tepat akan membuat surat yang anda buat menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Selain itu, tanda baca yang berguna sebagai penyambung juga akan mempengaruhi arti serta susunan kata.

  1. Tulis Tangan atau Print Out

Di era digitalisasi saat ini, surat dengan di-print out (cetak) sudah menjadi hal yang lumrah. Kendati demikian, pemohon surat izin bisa juga meminta perwakilannya untuk menulis dengan tangan secara manual. Membuat Surat permohonan dengan tulis tangan ataupun cetak, yang terpenting adalah anda atau wali sebagai pemohon membubuhkan tanda tangan.

  1. Lampiran

Ini adalah hal yang jarang dibuat oleh pemohon izin (tidak bisa hadir dalam kegiatan karena sakit, urusan keluarga, dan lainnya). Untuk pemohon izin yang berstatus sebagai pelajar (SD, SMP, SMA, Kuliah), biasanya hanya membuat surat permohonan sederhana tanpa melampirkan bukti pendukung (lebih baik melampirkan bukti pendukung). Namun bagi pemohon izin yang berstatus pekerja ataupun kader organisasi, sangat dianjurkan melampirkan bukti pendukung.

Dengan dilampirkan bukti pendukung, penerima ataupun pihak yang berwenang lebih yakin untuk memberikan anda izin tidak mengikuti aktivitas selama anda sakit.

Lampiran untuk “Surat Permohonan Izin” bisa berupa :

  1. Surat Keterangan Dokter
  2. Surat Pengantar dari Puskesmas
  3. Rekam Medis
  4. foto kopi rontgen
  5. Dokumentasi
  6. Surat Pengantar Organisasi
  7. Dan Surat pendukung lainnya

 

Anda melampirkan dokumen tersebut sesuai kebutuhan permohonan izin. Misalnya, untuk surat permohonan izin tidak bisa hadir dalam kegiatan karena sakit (demam, flu berat, malaria dan lainnya) anda bisa minta “Surat Pengantar dari Puskesmas” atau “Surat Keterangan Dokter”.  Sebagai informasi, sebagian besar Puskesmas saat ini telah menggratiskan banyak pelayanan termasuk surat pengantar (surat keterangan sakit).

 

Hal – hal yang perlu dihindari dalam pembuatan “Surat Permohonan Izin” :

 

  1. Jangan sampai ada coretan pada surat tersebut.
  2. Apabila menggunakan kata “Kepada” maka jangan gunakan kata “Yth” dan sebaliknya, jika anda menggunakan “Yth” maka jangan gunakan “Kepada”. Atau bisa dibilang pilih salah satu saja.
  3. Jangan buat kalimat yang bertele-tele atau pemborosan kalimat.
  4. Hindari kalimat permintaan maaf. Karena anda tidak membuat surat permohonan maaf atau tidak berbuat salah.
  5. Jangan buat kalimat permohonan yang terlalu berlebihan.
  6. Hindari pengunaan bahasa yang monoton dan kaku.

 

Surat Izin Sakit

 

Sebelum masuk dalam pokok pembahasan, terlebih dulu kita membahas arti sebenarnya  dari “surat izin sakit”. Kita sudah membahas soal arti dari “Contoh Surat Izin”. Sama halnya dengan hal tersebut, kebanyakan pengguna internet atau netizen banyak menulis kata kunci “Contoh Surat Izin Sakit” di mesin pencari.

Padahal yang mereka cari adalah bagaimana cara membuat surat pemberitahuan bahwa sedang sakit dan bermohon agar mendapat izin tidak mengikuti kegiatan karena sedang sakit.

 

Jadi, yang kita bahas dalam artikel ini adalah “Surat Permohonan Izin Tidak Bisa Beraktifitas karena Sakit”. Arti dari Surat Permohonan Izin Tidak Bisa Beraktifitas karena Sakit adalah surat yang dibuat oleh orang yang tidak bisa ikut beraktifitas karena sakit, tujuannya agar mendapat izin tidak ikut beraktifitas (belajar, kerja, kegiatan sehari-hari dan lainnya) dari pihak yang berwenang di lembaga atau perusahaan.

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

 

Berikut Contoh “Surat Izin Tidak Masuk Sekolah” atau yang lebih tepatnya“Surat Permohonan Izin Tidak Hadir di Sekolah karena Sakit” untuk Pemohon yang berstatus pelajar.

 

  • Surat dibuat oleh pemohon sendiri (Tanpa Lampiran)

 

 

                                                                                                                                                                                   Medan, 24 Mei 2018
Perihal           : Permohonan Izin Tidak Hadir Karena Sakit
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju)
di SMA Negeri 1 Medan
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :           Suparman Siregar
Kelas  :           XII – IPA 3
NISN   :           098976543
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah hari ini karena demam. Saat ini, kondisi saya masih dirawat di rumah dan dirawat oleh keluarga. Namun jika demam saya semakin parah, maka saya akan melakukan perawatan di rumah sakit.
Saya akan kembali mengikuti kegiatan belajar di sekolah setelah kondisi tubuh sehat kembali.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, sudi kiranya Bapak/Ibu guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju) memberikan izin kepada saya tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama sakit.
Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya,                                                                      Yang Mengetahui
(Tanda Tangan)                                                                  (Tanda Tangan)
Suparman Siregar                                                              Ngadimin Siregar
                                                                                         ( Wali Murid/Orangtua)

 

  • Surat dibuat oleh pemohon sendiri (Dengan Lampiran)

 

                                                                                                                                                                                     Semarang, 1 Januari 2018
Perihal           : Permohonan Izin Tidak Bisa Hadir Karena Sakit
Lampiran      : Surat Keterangan Dokter
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju)
di SMA Negeri 8 Semarang
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :           Indah Wijaya
Kelas  :           XII – Bahasa
NIS      :           03188242
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah hari ini karena flu berat. Sesuai dengan anjuran dokter yang mengobati saya, maka saya dianjurkan untuk istirahat selama 3 hari di rumah.
Kendati demikian, jika saya sudah sembuh dalam waktu yang lebih cepat dari anjuran dokter, saya akan kembali mengikuti kegiatan belajar seperti biasa.
Bersama dengan surat ini, saya turut melampirkan surat keterangan dari dokter yang memeriksa kesehatan saya.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, sudi kiranya Bapak/Ibu guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju) memberikan izin kepada saya tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama sakit.
Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya,                                                                      Yang Mengetahui

 

(Tanda Tangan)                                                                  (Tanda Tangan)
Suparman Siregar                                                              Ngadimin Siregar
                                                                                        ( Wali Murid/Orangtua)

 

 

  • Surat dibuat oleh Wali Murid
Jakarta, 10 Januari 2018
Perihal : Permohonan Izin Tidak Hadir Karena Sakit
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju)
di SMA Negeri 8 Semarang
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan wali murid dari :
Nama :           Siska Seli
NISN   :           1020203
Kelas  :           VII – A
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa siswa dengan nama tersebut diatas sedang dalam kondisi sakit. Untuk itu, kami berharap pihak sekolah memberikan izin atas ketidakhadiran Siska dalam mengikuti pelajaran di sekolah untuk hari ini.
Demikian surat sakit ini kami buat, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru sekalian, kami mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Kami,
(tanda tangan)                                                                    (tanda tangan)
Jamila Natasha                                                                    Siska Seli
Wali Murid

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Beragam Sebab

Selain tidak bisa hadir mengikuti kegiatan di sekolah karena kondisi tubuh sakit. Ada juga faktor lain yang membuat pelajar atau murid tidak bisa hadir ke sekolah, seperti karena cuaca buruk, urusan keluarga (pesta atau kemalangan), mengikuti perlombaan dan lainnya.

Berikut contoh “Surat Permohonan Izin Tidak Hadir di Sekolah karena Alasan Tertentu”

 

1. Tidak Bisa Hadir ke Sekolah karena Cuaca Buruk

Padang, Senin 3 September 2018
Perihal                       : Permohonan Izin Tidak Bisa Hadir ke Sekolah
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama guru atau yang dituju)
di SMA Cempaka Padang
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :           Fillia
Kelas  :           XII – IPS
NIS      :           1220034
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah hari ini karena cuaca buruk. Sejak pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB hingga surat ini saya buat (pukul 10.00 WIB), hujan deras masih mengguyur daerah tempat tinggal saya.
Dan sesuai anjuran dari orang tua saya, bahwa berbahaya bagi keselamatan jika saya tetap menuju ke sekolah karena cuaca sangat buruk.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, sudi kiranya Bapak/Ibu guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju) memberikan izin kepada saya tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah pada hari ini, Senin 3 September 2018.
Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya,                                                                      Yang Mengetahui
(Tanda Tangan)                                                                  (Tanda Tangan)
Fillia                                                                                    Prabowo Sudarjo
                                                                                         ( Wali Murid/Orangtua)

 

 

2. Tidak Bisa Hadir ke Sekolah karena Berduka

 

 

Solo, Jumat 7 September 2018
Perihal           : Permohonan Izin Tidak Bisa Hadir ke Sekolah
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama guru atau yang dituju)
di SMA Negeri 5 Solo
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :           Luffy
Kelas  :           XI – IPS
NIS      :           0428822
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah hari ini karena keluarga saya sedang berduka. Saya sebagai seorang adik harus menyiapkan kebutuhan untuk menyemayamkan kakak tertua saya yang meninggal kemarin sore. Juga saya harus hadir dalam acara penguburan jenazah kakak saya.
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, sudi kiranya Bapak/Ibu guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju) memberikan izin kepada saya tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama 3 hari terhitung dari surat ini saya kirimkan.
Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya,                                                                      Yang Mengetahui
(Tanda Tangan)                                                                  (Tanda Tangan)
Luffy                                                                                      Garp Austin
                                                                                      ( Wali Murid/Orangtua)

 

3. Tidak Bisa Hadir ke Sekolah karena Pesta Pernikahan

 

Bekasi, Kamis 23 Agustus 2018
Perihal           : Permohonan Izin Tidak Bisa Hadir ke Sekolah
Kepada,
Bapak/Ibu Guru (lebih baik tulis nama guru atau yang dituju)
di SMA Naganraya Bekasi
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :           Jesika Iskandar
Kelas  :           X
NIS      :           2110044
Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah hari ini karena kakak saya melangsungkan pernikahan
Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya, sudi kiranya Bapak/Ibu guru (lebih baik tulis nama Guru atau yang dituju) memberikan izin kepada saya tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama 3 hari terhitung dari surat ini saya kirimkan.
Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Hormat Saya,                                                                      Yang Mengetahui
(Tanda Tangan)                                                                  (Tanda Tangan)
Jessika Iskandar                                                                  Garp Austin
( Wali Murid/Orangtua).

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *