Poster: Pengertian, Ciri, Tujuan Hingga Jenisnya

Pelayananpublik.id- Siapa yang tak pernah melihat poster. Hampir semua orang sudah pernah melihat poster baik ikut di sekolah, rumah sakit, bahkan di jalanan.

Poster memang sangat mudah ditemukan. Karena poster adalah sarana penyampaian pesan yang gampang dan murah dibuat.

Secara umum, poster adalah suatu media publikasi yang di dalamnya terdapat teks, gambar, atau perpaduan keduanya dimana tujuannya untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak.

Informasi atau pesan yang ada di dalam sebuah poster pada umumnya bersifat persuasif atau mengajak orang lain.

Itulah sebabnya mengapa poster selalu dibuat semenarik mungkin agar pembacanya terpengaruh dan mengikuti pesan yang ada di dalam poster tersebut.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010:51) mengatakan poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Sedangkan Arsyad (2007), pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

Sedangkan menurut Departemen Kebudayaan (Depdikbud) (1988:50), pengertian poster adalah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

Ciri Sebuah Poster

Poster memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis media informasi lainnya. Adapun ciri-ciri poster adalah sebagai berikut:

1. Berisi Teks dan Gambar

Poster dibuat dengan desain grafis yang berisi komposisi teks dan gambar dengan media kertas atau kain berukuran khusus dan tidak mudah rusak.

2. Ditempel

Poster biasanya dipasang/ ditempelkan pada dinding dengan permukaan datar atau tempat umum lainnya sehingga menarik perhatian publik.

3. Mudah Dimengerti

Penyampaian pesan/ informasi pada poster biasanya disertai dengan gambar.
Poster dapat dibaca dan dimengerti dengan mudah meskipun hanya melihatnya sambil lalu.
Gambar pada poster biasanya dibuat mencolok sesuai dengan ide yang ingin disampaikan.
Penggunaan kata-kata dalam poster biasanya dibuat secara efektif, sugestif, dan mudah diingat.

4. Warna Mencolok

Poster dibuat dengan kombinasi warna yang kontras dan kuat.
Di dalam poster terdapat pesan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas sehingga mudah dipahami orang yang melihatnya.

5. Persuasif

Informasi atau pesan di dalam poster pada umumnya mengandung ajakan atau bersifat persuasif.

Tujuan Poster

Ada beragam tujuan orang membuat poster. Mulai dari promosi, imbauan, peringatan dan sebagainya.
Secara lengkap, adapun tujuan poster adalah sebagai berikut:

– Menyampaikan informasi

– Mempromosikan barang, ide atau gagasan.

– Untuk mengingatkan kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.

Macam-macam Poster

1. Berdasarkan Isi

– Poster Niaga, yakni poster yang dibuat sebagai media komunikasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang dan jasa.

– Poster Kegiatan. Poster ini dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai suatu kegiatan. Misalnya kegiatan gerak jalan, senam bersama, gotong royong, dan lain sebagainya.

– Poster Pendidikan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi yang isinya memberikan pengarahan atau mendidik masyarakat.

– Poster Layanan Masyarakat, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai pelayanan kesehatan yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.

– Poster Karya Seni, yaitu poster yang bersifat ekspresif dimana pesan di dalamnya dapat diartikan berbeda oleh setiap orang.

2. Berdasarkan Tujuan

– Poster Propaganda. Jenis poster ini bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran para pembacanya.

– Poster Kampanye. Poster ini dibuat untuk mempromosikan sosok tertentu. Dalam poster tersebut biasanya tertera janji, ataupun daftar visi-misi .

– Poster Komersial, yaitu poster yang dibuat untuk memperomosikan suatu barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

– Poster Afirmasi, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan dan meningkatkan motivasi kepada publik yang membacanya di mana di dalamnya terdapat kata-kata yang dapat mempengaruhi.

– Poster “Dicari”, yaitu poster yang isinya bertujuan untuk mencari orang atau benda yang dibutuhkan. Misalnya, poster Lowongan Kerja, poster Orang Hilang, dan lainnya.

– Poster Film, yaitu poster yang isinya mempromosikan suatu film sehingga masyarakat yang melihat poster tersebut tertarik untuk menonton.

– Poster Komik, yaitu poster yang isinya mempromosikan dan mempopulerkan komik-komik tertentu kepada masyarakat.

– Poster “Cheesecake”. Nah, poster ini sengaja dibuat untuk mencari perhatian publik dengan memuat nama-nama dan gambar orang terkenal.

Dan masih banyak jenis poster-poster lainnya yang bisa ditemukan di berbagai tempat.

Demikian ulasan mengenai poster, kegunaan hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *