Pidato: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Teknik Menyampaikannya

Pelayananpublik.id- Anda semua tentu pernah mendengar pidato. Pidato presiden atau kepala daerah misalnya.

Secara umum, pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai untuk menyampaikan pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik.

Pendapat lain mengatakan pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyampaikan pernyataan atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.

Siapa yang melakukan pidato? Biasanya pidato dilakukan oleh orang yang dianggap penting, memiliki jabatan dan pengaruh terhadap kelompoknya.

Berikut pengertian pidato menurut beberapa ahli.

1. Arsjad

Pidato adalah kegiata komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan, ide atau konsep dari pembicara kepada orang banyak di muka umum dan bertujuan agar pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara.

2. Emha Abdurrahman

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan menggunakan kalimat yang jelas di hadapan orang banyak pada waktu tertentu.

Ciri Pidato

Pidato memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri pidato:

– Setiap pidato terdapat tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan umum.

– Isi pidato yang disampaikan sesuai dengan topik tertentu yang sedang atau akan berlangsung.

– Penyampaian pidato menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pendengarnya.

– Cara penyampaian pidato disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.

– Isi pidato harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan tidak menimbulkan pertentangan.

– Pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang jelas.

Tujuan Pidato

Pidato memiliki beberapa tujuan. Yang pasti tujuannya adalah menyampaikan pesan, nasihat, buah pikir dan pandangan melalui public speech.

Adapun tujuan lain dari pidato adalah:

1. Memberi Informasi

Pidato sering berisi informasi-informasi yang disanpaikan kepada pendengarnya.

Informasi tersebut bisa berupa gagasan, ide, atau hal-hal lain yang dianggap penting.

2. Memengaruhi Pendengar

Tujuan lain orang melakukan pidato adalah untuk mempengaruhi pendengar. Orang yang berpidato menyampaikan gagasan dengan cara menggugah hingga orang terpengaruh.

Terpengaruh disini bisa berarti positif juga negatif.

3. Menghibur

Selain dua hal itu, pidato juga bisa bertujuan untuk menyenangkan orang lain

Pidato dilakukan membuat orang lain senang dan merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pembicara.

Fungsi Pidato

Pidato berfungsi sebagai banyak hal mulai dari hal yang sederhana hingga yang kompleks. Karena pidato itu pasti disampaikan di depan sejumlah orang.

Adapun beberapa fungsi pidato adalah:

1. Memudahkan Komunikasi

Proses komunikasi kepada khalayak ramai bisa menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Pidato adalah salah satu cara untuk memudahkan berkomunikasi dengan khalayak ramai untuk menyampaikan suatu gagasan atau hal lainnya.

2. Mendamaikan Konflik

Sebuah pidato kadang diperlukan untuk menengahi sebuah konflik. Dengan adanya pidato, maka pesan tersampaikan dengan jelas kepada khalayak ramai.

Pidato juga kadang membuat orang lega dan membuat konflik mereda. Tentu saja pidato yang dimaksud adalah pidato yang menyejukkan.

3. Membangun Hubungan Harmonis

Dalam suatu organisasi, pidato menjadi salah satu cara berkomunikasi langsung antara atasan dan bawahan. Selain itu, proses komunikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan saran dan kritik kepada anggota organisasi.

Macam-macam Pidato

1. Pidato Pembukaan

Pidato pembukaan adalah pidato singkat yang umumnya disampaikan oleh seorang pembawa acara atau MC (master of ceremony).

2. Pidato Pencerahan

Yang dimaksud dengan pidato pencerahan adalah  yang disampaikan seseorang dimana tujuannya untuk mengarahkan suatu pertemuan atau rapat. Mengubah pola pikir dan membangun semangat pendengarnya.

3. Pidato Peresmian

Yaitu pidato yang disampaikan oleh seseorang yang dianggap penting pada acara peresmian.

4. Pidato Pertanggungjawaban

Pidato pertanggungjawaban adalah pidato yang disampaikan seseorang yang bertanggungjawab atas suatu kegiatan atau acara.

Cara Menyampaikan Pidato

Ada beberapa teknik atau cara seseorang menyampaikan sebuah pidato. Berikut penjelasannya.

1. Impromtu

Pidato dapat disampaikan secara impromtu atau tanpa persiapan naskah. Sehingga apa yang disampaikan adalah apa yang ada dalam pikiran saja.

2. Membaca Naskah

Nah, metode ini sering digunakan pemerintah atau dalam pidato laporan. Karena dalam pemerintahan seringkali yang bersangkutan tidak bisa hadir dan diwakilkan oleh orang lain. Nah, yang mewakilkan itu hanya akan membacakan apa yang ada dalam naskah.

Sedangkan dalam pidato laporan orang membaca naskah karena banyak data atau angka yang harus disampaikan.

3. Menghapal Naskah

Berpidato dengan tanpa naskah dan mengandalkan ingatan pembicaranya mengenai informasi-informasi yang akan disampaikan kepada khalayak.

4. Metode Ekstemporan

Berpidato dengan tanpa naskah namun pembicara masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan konsep pidato yang akan disampaikan.

Demikian ulasan mengenai pidato, tujuan, jenis hingga cara menyampaikannya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *