Pancasila: Pengertian, Fungsi Hingga Tujuannya

Pelayananpublik.id- Sebagai warga Indonesia, tentu kita sudah mengenal Pancasila. Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia itu, wajib dihapal oleh murid di sekolah.

Lima sila dalam pancasila menggambarkan masing-masing arti dan tujuan pancasila itu sendiri.

Lantas apa arti pancasila serta fungsinya bagi negara Indonesia?

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Pengertian Pancasila

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yakni panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar. Jadi pancasila itu dapat diartikan menjadi lima dasar.

Pancasila dicetuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia agar kita mempunyai pondasi yang kuat dalam menjalankan pemerintahan.

Adapun bunyi dan lambang masing-masing sila adalah sebagai berikut.

– Sila pertama yang dilambangkan dengan bintang berbunyi “Ketuhanan yang maha esa”.

– Sila kedua dilambangkan dengan rantai berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.

– Sila ketiga adalah “Persatuan Indonesia” yang dilambangkan dengan pohon beringin.

– Sila Keempat yang berlambang kepala banteng berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan”.

– Sila kelima adalah “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dilambangkan dengan padi dan kapas.

Adapun pengertian Pancasila berdasarkan pendapat ahli adalah sebagai berikut:

1. Ir. Soekarno

Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya falsafah negara, tapi lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

2. Notonegoro

Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

3. Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Tujuan Pancasila

Pancasila memiliki tujuan yakni sebagai dasar negara Indonesia. Hal itu termaktub dalam pembukaan UUD 1945

Pancasila sebagai dasar negara maksudnya adalah sebagai landasan dalam mengatur jalannya roda pemerintahan di Indonesia.

Selain itu, pancasila merupakan pandangan hidup atau falsafah hidup berbangsa dan menjadi tujuan hidup bangsa Indonesia. Seperti halnya juga disebutkan dalam ketetapan MPR No. 11/MPR/1978 pada tanggal 22 Maret 1978, yang isinya;

“Sesungguhnya sejarah telah mengungkapkan bahwa pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam kehidupan lahir batin yang makin baik dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Bahwasanya pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar Negara seperti yang telah diuji kebenarannya, keampuhan dan kesaktiannya sehingga tidak ada satupun kekuatan maupun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia”

Fungsi Pancasila

Dalam kedudukannya sebagai dasar Negara, Pancasila memiliki beberapa fungsi yakni:

1. Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Di Indonesia, Pancasila sebagai jiwa Bangsa sehingga masyarakat Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya.

2. Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang menjadi kepribadiannya dan menjadi pembeda dengan negara lain. Keunikan tersebut diwujudkan dalam perilaku dan sikap mental masyarakat Indonesia yang berlandaskan kepada Pancasila.

3. Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Hukum yang berlaku di Indonesia bersumber dari Pancasila. Dengan kata lain, semua hukum yang berlaku tidak bertentangan dengan Pancasila yang menjadi dasar negara.

4. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan sebagai petunjuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

5. Sebagai Dasar Negara Indonesia

Dalam pengaturan pemerintahan Negara dan kehidupan bermasyarakat di Indonesia, harus selalu berlandaskan pada Pancasila.

6. Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan hasil perjuangan dan perjanjian bersama rakyat dengan para pendiri bangsa Indonesia.

Karenanya, seluruh elemen masyarakat Indonesia harus membela, mendukung, dan memperjuangkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri.

Demikian ulasan singkat mengenai Pancasila, fungsi hingga tujuannya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)