Genosida: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Istilah genosida mungkin salahsatu kejahatan berat yang pernah Anda dengar. Kenyataannya genosida ini lebih mengerikan dari kedengarannya.

Genosida atau genosid ini merupakan pelanggaran HAM berat dan kejahatan manusia paling mengerikan yang ada di dunia.

Bagaimana tidak, dalam genosida bisa terjadi pembunuhan massal atau pemusnahan manusia untuk tujuan tertentu.

Pengertian Genosida

Genosida didengungkan pertama kali di tahun 1944 oleh Raphael Lemkin untuk menggambarkan kebijakan sistematis Nazi, dengan menggabungkan kata “geno” yang berasal dari bahasa Yunani, artinya suku atau ras, dan caedere dari bahasa latin yang artinya pembunuhan.

Pengertian genosida merupakan tindakan atau perilaku apa pun dari kelompok atau komunitas tertentu untuk menghancurkan, membumihanguskan, dan menghilangkan seluruh atau sebagian suatu kelompok etnis, ras, bangsa, bahkan agama yang dilakukan secara besar-besaran.

Adnan Buyung Nasution mengatakan genosida adalah tindakan kejahatan yang dipraktikkan dengan menyebabkan cacat fisik, mental, membunuh, bahkan mencegah kelahiran, dan lain sebagainya pada suatu kelompok atau komunitas tertentu. Selengkapnya, baca; Pengertian Kejahatan, Penyebab, dan Contohnya

Raphael Lemkin menyebut definisi genosida adalah kejahatan yang meliputi jangkauan sangat luas. Bukan hanya membunuh, juga menekan kelahiran, pemisahan keluaraga secara paksa untuk mengurangi populasi, dan lain sebagainya.

Sementara Statuta Roma dan Undang-undang No.26 Tahun 2000 menyatakan genosida adalah perilaku yang dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan seluruh kelompok inferior yang tidak termasuk ke dalam kelompok superior dengan tindakan yang sadis atau sangat kejam.

Bentuk Genosida

Adapun bentuk-bentuk genosida adalah antara lain sebagai berikut:

Pembunuhan

Genosida dalam bentuk pembunuhan, misalhnya saja ambisi Hitler yang ingin mengembalikan kejayaan ras arya membuatnya membunuh jutaan atau bahkan milyaran nyawa orang Yahudi.

Sterilisasi Paksa

Tindakan sterilisasi paksa adalah suatu tindakan bedah supaya seorang perempuan tidak mampu reproduksi atau hamil untuk menekan populasi dari kelompok inferior.

Pemusnahan

Selanjutnya, bentuk genosida pemusnahan ini dilakukan dengan cara memusnahkan suatu kelompok atau komunitas tertentu hingga ke akar-akarnya atau pusatnya tanpa menyisakan satu pun dari mereka.

Perampasan Kebebasan Fisik

Perampasan kebebasan fisik ini terwujud seperti dalam hal memandang orang-orang yang cacat, penyakitan, mereka tidak boleh hidup dan tubuh mereka digunakan sebagai penelitian anatomi tubuh oleh penguasa yang berkuasa saat itu.

Selain bentuk-bentuk genosida di atas, masih ada bentuk-bentuk genosida yang lainnya, seperti perbudakan, penyiksaan, penghilangan orang, kejahatan apartheid, pemindahan secara paksa, dan lain sebagainya.

Contoh Genosida

Sejarah mencatat ada sejumlah peristiwa genosida yang menggegerkan dunia. Berikut contohnya:

1. Adolf Hitler dan partai Nazi yang membantai dan menghanguskan bangsa Yahudi, orang-orang Gipsi (perempuan Roma), suku bangsa Slavia, dan orang-orang yang cacat pada perang dunia II.

2. Pembunuhan bangsa Kanaan yang dilakukan oleh bangsa Yahudi pada milenium pertama sebelum masehi.

3. Pada akhir perang dunia II, terjadi pembantaian suku bangsa Jerman di Eropa Timur yang dilakukan oleh suku bangsa Ceko, Uni Soviet dan Polandia di sebelah timur garis perbatasan Oder-Neisse.

4. Pembantaian etnis Rohingya di Myanmar. Sebuah laporan oleh Tim Independen Pencari Fakta PBB secara eksplisit menyatakan enam pejabat militer Myanmar menghadapi tuduhan genosida atas kampanye militer mereka terhadap etnis minoirtas Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Dilaporkan Reuters, 28 Agustus 2018, Tim Independen menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB untuk memberlakukan embargo senjata terhadap Myanmar, memberi hukuman kepada para pejabatnya lewat pengadilan ad hoc untuk menuntut para tersangka atau merujuk mereka ke Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag, Belanda.

Setahun yang lalu, pasukan pemerintah Myanmar memimpin tindakan brutal di negara Rakhine Myanmar sebagai serangan balik atas serangan kelompok Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) di 30 pos polisi Myanmar dan pangkalan militer. Sekitar 700.000 orang Rohingya melarikan diri dari serangan brutal militer Myanmar. Sebagian besar kini tinggal di kamp-kamp pengungsi di negara tetangga Bangladesh.

Genosida di Indonesia

Genosida terjadi di sebagian negara di dunia, bahkan di Indonesia. Genosida menyisakan luka pahit yang ditanggung oleh generasi ke depannya. Adapun contoh genosida di Indonesia adalah.

1. Pembunuhan Massal di Bandanaira-Pulau Banda

Pada tahun 1621, terjadi pembunuhan massal di pulau Banda, tepatnya di Bandanaira oleh Belanda di bawah pimpinan Jan Pietersz Coen. Tidak bisa ditemukan jumlah yang pasti, dikatakan hampir sebagian penduduk meninggal.

2. Tragedi 1965

Gema gerakan membersihkan komunis di dengungkan ke seluruh pelosok Indonesia sehingga menjadi salah satu bentuk masalah sosial. Pihak yang dianggap komunis mereka ditangkap, disiksa, dibantai, serta dibuang tanpa melewati proses pengadilan hukum yang jelas.

3. Tragedi Mei 1998

Fenomena yang tragis berikutnya adalah terjadi pada Mei tahun 1998, yakni di mana etnis Tionghoa-Cina menjadi korban pembantain, pengrusakan properti, penyiksaan, penculikan, dan parahnya bahkan sampai pemerkosaan.

Demikian ulasan mengenai genosida, pengertian, bentuk hingga contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *