Tentang Sepakbola, Sejarah, Aturan Main dan Lainnya

Pelayananpublik.id- Sepakbola merupakan olahraga yang sabgat diminati di dunia. Sehingga tiap negara bahkan tiap daerah punya klub bola masing-masing.

Klub-klub ini nantinya dipertandingkan baik secara rutin maupun sembarang waktu. Permainan sepakbola pun selalu berlangsung meriah.

Tak hanya pemain, yang membuat meriah pertandingan sepakbola tapi juga pendukung klub atau suporternya.

Secara umum sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga di mana akan dilakukan menggunakan bola dengan bahan karet atau kulit dan dimainkan dua tim.

Setiap tim beranggotakan 11 orang sebagai pemain inti dan beberapa pemain cadangan atau pengganti pada pemain inti.

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan menggunakan cara menendang bola yang mana tujuannya untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Permainan sepak bola akan dimenangkan oleh tim dengan perolehan gol atau bola masuk ke gawang lawan paling banyak berdasarkan dari aturan permainan.

Pengertian Sepakbola

Adapun pengertian sepak bola berdasarkan beberapa pendapat ahli adalah sebagai berikut

1. Agus Salim

Menurut Agus Salim sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

2. Soekatamsi

Menurut Soekatamsi dalam (1994:3), sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

3. Muhajir

Muhajir (2007:22) mengatakan, sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

4. Luxbacher

Menurut Luxbacher tahun 2008 halaman yang ke 2, sepak bola yaitu suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

5. Remmy Muchta

Menurut pendapat Remmy Muchtar tahun 1992 halaman 27 pengertian sepak bola yakni suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolaan gerak tubuh dalam permainan.

Sejarah Sepak Bola

Nah, permainan sepak bola ini sudah ada sejak dulu. Bagaimana sejarah munculnya permainan ini? Berikut penjelasannya.

Sepak bola pertama kali muncul di Tiongkok yakni pada masa pemerintahan Dinasti Han.

Pada masa itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.

Selain di Tiongkok, permainan sepak bola juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya, seperti Jepang, Yunani, dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.

Kemudian, permainan sepak bola yang lebih modern dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini semakin populer.

Tapi ternyata permainan ini sempat dilarang loh karena dianggap mengandung kekerasan. Namun kemudian sepak bola malah semakin dikenal masyarakat dunia.

Hingga akhirnya pada tahun 1904, terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Sepak bola kemudian menjadi suatu olah raga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertamakali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik dan Aturan Main Sepak Bola

Permainan sepakbola sudah menjadi permainan internasional. Untuk itu, agar lebih seru diterapkan beberapa aturan dalam permainan ini.

Jadi orang tidak asal menendang dan tidak sembarangan saja memainkannya.

Namanya sepak bola pasti dalam permainannya didominasi dengan menendang bola. Menendang bola juga memiliki teknik sendiri yakni, menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung dan kaki bagian luar.

Selain menendang bola adapula teknil menghentikan bola. Menghentikan bola juga bisa menggunakan kasi bagian luar, dalam, punggung kaki, telapak, bahkan dada, perut, paha hingga kepala.

Lalu ada pula teknik menggiring bola. Menggiring bola bisa menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki dan dengan kedua kaki secara bergantian.

Selain itu ada pula teknik menyundul bola yakni menjadi gerakan mendorong bola menggunakan kepala yang mana dilakukan pada bola sedang berada melayang di udara. Salah satu tujuannya adalah mendorong bola menuju arah pemain lainnya.

Aturan Main

Seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam permainan sepak bola telah ditentukan beberapa aturan yang membuat permainan akan menjadi lebih terarah dan tidak bar-bar.

Berikut aturan terkait permainan sepak bola mulai dari jumlah pemain, luas lapangan dan lainnya.

1. Jumlah Pemain

Satu tim dalam sepak bola ada 11 pemain, yang mana masing-masing pemain mempunyai posisi berbeda diantaranya satu sebagai penjaga gawang, empat orang pemain untuk bertahan, 2 hingga 5 pemain berada di tengah, serta 1 hingga 3 sebagai penyerang.

Adapun tugas masing-masing posisi dari pemain sepak bola ada di bawah ini:

– Penjaga gawang atau goal keeper bertugas untuk menjaga gawang supaya tidak dimasuki bola.

– Pemain bertahan atau back bertugas menghalau lawan supaya tidak masuk pada area pertahanan.

– Pemain tengah atau gelandang dikenal dengan midfielder bahkan juga sering disebut playmaker bertugas mengatur jalannya permainan pada timnya serta membantu back maupun striker.

– Pemain sayap atau winger. pemain dengan tugas mengendalikan permainan yang berada pada area kiri maupun kanan lapangan.

– Penyerang atau striker sebagai pemain dengan tugas memasukkan bola atau gol pada gawang lawan.

2. Ukuran Lapangan

– Panjang 100 hingga 120 meter

– Lebar 65 hingga 75 meter

– Lebar gawang berukuran 7,32 meter

– Tinggi gawang berukuran 2,44 meter

Di sekitar gawang ada area kotak pinalti, yakni sebuah area dimana kiper dapat menangkap bola menggunakan tangannya. Area ini juga menjadi area tendangan pinalti jika pemain bertahan telah melakukan pelanggaran ke lawan.

3. Durasi

Menurut aturan dari sepak bola internasional, durasi dalam satu kali permainan pertandingan sepak bola yakni 2 x 45 menit atau 2 babak. Namun, wasit nantinya akan memimpin pertandingan bisa juga memberikan tambahan waktu yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yakni sekitar 1 hingga 5 menit pada setiap babak.

Untuk pertandingan lainnya, misalkan sistem gugur, apabila selama dua babak pertandingan semua tim masih memiliki skor imbang dan akan diberlakukan waktu tambahan 2×15 menit. Apabila dalam perpanjangan tersebut tetap imbang maka akan ada adu pinalti sampai salah satu tim bisa menang.

Di atas adalah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian sepak bola dan berbagai hal yang berkaitan di dalamnya. Hal ini bisa Anda jadikan referensi untuk bermain sepak bola sesuai dengan aturan yang ada.

Manfaat Sepak Bola

Bermain sepak bola memiliki banyak manfaat bagi tubuh maupun sosial. Jika bagi tubuh akan melatih otot-otot untuk bergerak dan lebih sehat, maka manfaat sosialnya adalah pemain bisa menjalin hubungan emosi dengan pemain lainnya menjadi lebih kompak. Berikut manfaat bermain sepak bola

1. Kebugaran Kardiovaskular

Berlari dan mengejar bola selama bermain selama 90 menit tidak hanya meningkatkan kebugaran kardiovaskular, tetapi juga meningkatkan karakteristik metabolisme otot dan kebugaran aerobik Anda. Riset para ilmuwan di University Kopenhagen mencoba melihat tingkat VO2max, atau pengambilan oksigen maksimal, dengan memberikan tes treadmill untuk pemain sepak bola dan memeriksa kadaluarsa udara untuk oksigen dan kandungan karbon dioksida.

2. Membangun Otot

Bermain sepak bola secara signifikan dapat membantu membangun otot dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada. Ketika Anda mencoba untuk membangun otot dengan cara bermain sepak bola, Anda akan merasakan manfaat lainnya seperti peningkatan daya tahan, yang berarti bahwa Anda tidak akan mudah lesu atau lelah.

3. Kekuatan

Dengan rutin bermain sepak bola, akan membangun kekuatan pada kaki, khususnya bagian paha depan dan paha belakang.

Gerakan seperti menendang, melompat, berjalan mundur dan berlari mengelilingi lapangan akan memberikan manfaat pada kaki Anda dan tubuh bagian atas. Sebuah studi 2010 yang dipublikasikan dalam “Skandinavian Journal of Medicine and Science in Sports,” yang dipimpin oleh Peter Krustup mengindikasikan adanya peningkatan kekuatan otot pada wanita yang bermain sepak bola rekreasi selama 16 bulan. Para wanita juga menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dan kepadatan tulang yang lebih baik.

4. Lincah dan Fleksibel

Manfaat lainnya adalah menjadi lincah dan fleksibel. Orang yang rutin bermain sepak bola akan lebih mudah bergerak lincah, seolah-olah tubuhnya ringan.

Gerakan cepat yang dibutuhkan dalam sepak bola akan membantu atlet menjadi lebih fleksibel. Kaki, dada, dan lengan semua akan menjadi lebih fleksibel karena pergeseran konstan yang dilakukan saat bermain, yang juga mendorong otot-otot menjadi lebih kuat.

5. Mengontrol Berat Badan

Nah, sepak bola identik dengan pergerakan otor secara terus menerus. Sehingga otomatis berat badan akan menurun.

Sepak bola adalah bentuk latihan aerobik, dan dapat membantu membakar banyak kalori dan lemak, yang berarti bahwa seorang kemungkinan dapat mempertahankan berat badannya. Ketika seorang atlet bermain sepak bola, berarti dia sedang jogging, berlari, dan berlari untuk jangka waktu yang panjang, yang merupakan cara untuk mendapatkan latihan aerobik.

Demikian ulasan mengenai sepak bola mulai dari pengertian, sejarah, aturan main dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *