Sejarah: Pengertian, Unsur, Bukti, dan Manfaatnya

Pelayananpublik.id– Sejarah merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Manusia yang tidak belajar dari sejarah akan merugi dan akan hancur.

Sebab sejarah merupakan dasar, pondasi, ataupun tiang dari berbagai hal yang menunjang segala penjuru pengetahuan.

Secara pengertian, sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa lampau untuk dijadikan pelajaran pada masa kini dan masa depan.

Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah asal-usul, kejadian ataupun peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Jika ditilik dari segi etimologi, sejarah berasal dari bahasa Arab yakni Shajarah atau Syajaratun yang berarti pohon. Sejarah juga seperti pohon yang tumbuh besar menghasilkan daun, bunga dan buah. Namun sejarahnya tetaplah akar.

Menurut Aristoteles, sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang menjadi cacatan, record , sebagai bukti yang nyata yang akurat.

Hal ini akan sangat berpengaruh dengan pengertian sejarah yang dapat menunjang pengetahuan dari segala aspeknya.

Sementara menurut Bennedetto Croce sejarah adalah rekaman kreasi jiwa baik dibidang yang menjelaskan segala teori maupun bidang yang menjelaskan prakteknya.

Hal ini yang mengemukakan terhadap kreasi religius dari lahir dan batin, serta akal pikiran, maupun tindakan setiap orang. Kepribadian dalam pengertian sejarah ini yang dapat menunjang pengetahuan dengan berbagai kreasi yang dipraktekkan dari kejadian dimasa lalu.

Pengertian sejarah menurut J. Bank yaitu suatu kejadian ataupun peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Menjadikan sebagai bahan penunjang yang dapat dipahami dari tindakan ataupun perilaku manusia di masa lalu.

Edward Hallet Carr berpendapat sejarah adalah dialog antara masa lampau dengan masa sekarang yang akan selalu berkaitan. Suatu proses yang akan selalu berkelanjutan antara sejarawan dengan fakta-fakta yang dimilikinya. Hal ini menjadikan pelajaran dalam menyesuaikan ataupun mensejajarkan pengetahuan di masa lampau dengan masa sekarang.

Menurut Muhammad Yamin sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan

Menurut Moh. Hatta pengertian sejarah adalah dalam wujudnya tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Menurut Moh. Ali sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Menurut Kuntowijoyo pengertian sejarah adalah hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.

Unsur Sejarah

Sejarah mengandung beberapa unsur penting di dalamnya, diantaranya :

1. Ruang, yaitu tempat dimana terjadinya suatu kejadian yang menjadi bukti sejarah yang nyata.

2. Waktu, yaitu unsur sejarah yang berkaitan dengan waktu terjadinya peristiwa bersejarah dan dapat menjelaskan kronologis dalam kajian sejarah.

3. Manusia, yaitu unsur terpenting dalam sejarah karena setiap peristiwa sejarah sangat berkaitan dengan manusia.

Konsep Sejarah

Konsep sejarah adalah suatu bentuk kemampuan logika dalam menciptakan gambaran baru yang bersifat abstrak berdasarkan kajian. Beberapa hal yang termasuk dalam konsep sejarah adalah:

1. Sejarah sebagai peristiwa, yaitu kajian tentang suat kejadian, kenyataan, atau aktualisasi sejarah yang terjadi di masa lalu.

2. Sejarah sebagai kisah, yaitu suatu narasi yang menjelaskan mengenai cerita berdasarkan tafsiran, ingatan, atau kesan manusia.

3. Sejarah sebagai ilmu, yaitu mempelajari sejarah dengan melakukan penelitian dan kajian terhadap cerita sejarah.

4. Sejarah sebagai seni, yaitu proses penulisan sejarah yang memerlukan imajinasi, gaya bahasa, intuisi, dan emosi.

Bukti Sejarah

1. Bukti Primer, yaitu sumber sejarah yang berasal dari peninggalan asli sejarah. Contohnya candi, prasasti, piagam, dan lainnya.

2. Bukti Sekunder, yaitu suatu tiruan dari benda aslinya atau sumber pustaka dari para ahli sejarah yang menjelaskan tentang sejarah suatu peradaban. Contoh laporan penelitian, terjemahan kitab-kitab kuno, dan lainnya.

3. Bukti Tersier, yaitu berbagai buku sejarah yang dibuat berdasarkan laporan berbagai penelitian para ahli tanpa dengan melakukan penelitian langsung.

Manfaat Mempelajari Sejarah

Banyak manfaat mempelajari sejarah. Meskipun sejarah adalah peristiwa lampau, tentu akan berguna sebagai referensi mengambil keputusan di masa depan.

Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari sejarah.

1. Mempelajari Peristiwa Masa Lampau

Ini merupakan dasar utama dari belajar sejarah. Kita bisa mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, siapa yang terlibat, dimana peristiwa terjadi dan apa dampak dari peristiwa tersebut.

Kita pun bisa mempelajari sejarah, belajar mengenai tokoh dan peristiwa bersejarah yang telah terjadi di masa lampau.

2. Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat mempelajari sejarah juga untuk menjadi inspirasi dan referensi untuk mengambil tindakan di masa depan.

Misalnya bangsa Indonesia yang dulu pernah berjaya di zaman Kerajaan Hindu-Buddha, bisa digunakan untuk inspirasi agar Indonesia kembali berjaya di era modern saat ini. .

3. Menambah Wawasan dan Menghibur

Manfaat mempelajari sejarah yang lain adalah sebagai sarana rekreatif. Mempelajari sejarah juga dapat memberikan kesenangan dalam diri. Dengan membaca kisah-kisah sejarah kita seolah bertualang melewati batas ruang dan waktu di masa lampau. Sarana rekreatif lain bisa diperoleh saat mempelajari sejarah dengan mengunjungi situs sejarah, candi-candi dan museum-museum.

4. Keperluan Pekerjaan

Kini sejarah pun bisa dijadikan sebagai profesi atau pekerjaan. Orang yang mempelajari tentang sejarah disebut dengan sejarawan. Sementara profesi lain seperti arkeolog, guru sejarah, penulis sejarah dan peneliti juga dikategorikan pada keprofesian yang berhubungan dengan sejarah.

Demikian ulasan terkait sejarah mulai dari pengertian, bukti, unsur hingga manfaatnya. Semoga menambah wawasan Anda. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *