Pengertian Seni Rupa atau Fine Art, Unsur, Jenis, dan Fungsinya

Pelayananpublik.id- Manusia berkarya lewat banyak hal. Lewat karya-karyanya ia bisa menyampaikan perasaannya kepada orang lain.

Lukisan misalnya, satu lukisan bisa mewakilkan bermacam perasaan dari pelukisnya. Ungkapan perasaan itu sendiri dapat dilihat oleh mata manisia dan dapat diraba.

Itulah yang dinamakan seni rupa. Lukisan termasuk golongan seni rupa karena dapat dilihat dan diraba manusia.

Ada yang mengatakan pengertian seni rupa adalah cabang kesenian yang menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena dapat memiliki bentuk dan wujud nyata dan dapat dilihat.

Dengan kata lain, fine art merupakan suatu karya seni yang fokus pada keindahan visual dan juga sentuhan. Bagi orang-orang tertentu, karya seni ini dapat menjadi suatu hiburan tersendiri hanya dengan melihat atau menyentuhnya saja.

Jenis Seni Rupa

Seni rupa terdiri dari 2 jenis yakni 2 dimensi dan 3 dimensi.

Seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja. Dan mempunyai dimensi panjang dan lebar. Contohnya lukisan.

Sedangkan seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang berbentuk bangun ruang yang memiliki panjang lebar dan tinggi serta volume. Contohnya seni kriya, seni keramik, dan lainnya.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Suatu benda bisa dikatakan sebagai karya seni rupa adalah jika memenuhi beberapa unsur. Jika tidak maka benda itu hanyalah benda biasa. Biasanya seni rupa itu memanjakan mata dengan bentuk dan warnanya yang unik.

Namun sebagian hanya berupa garis dan warna tanpa diketahui pasti apa maksudnya alias absurd. Berikut unsur yang harus ada dalam seni rupa.

1. Titik danĀ Garis

Titik adalah unsur terkecil dan merupakan dasar dari semua ide seni yang akan dibuat oleh seorang seniman. Sedangkan garis adalah unsur yang menggabungkan semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Garis tersebut akan membentuk ciri khas dan watak suatu karya seni (kaku, lentur, keras, dan sebagainya.

2. Bidang dan Bentuk

Unsur bidang dan bentuk harus ada dalam seni rupa. Bidang adalah hasil pengembangan dan penggabungan dari banyak garis sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni. Sedangkan bentuk adalah unsur yang membuat suatu karya seni menjadi lebih bermakna dan hidup dengan segala detail dan sentuhan yang membuatnya lebih indah.

3. Ruang

Unsur ruang merupakan unsur yang mempunyai sifat nyata dan semu, tergantung pada dimensinya (2D dan 3D).

4. Warna dan Tekstur

Warna merupakan unsur yang sangat penting pada suatu karya seni. Paduan warna dapat membuat suatu karya seni menjadi lebih indah. Dan tekstur adalah sifat atau keadaan yang terdapat pada suatu karya seni. Dalam seni, tekstur terdiri dari dua jenis yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

8. Terang dan Gelap

Unsur terang-gelap merupakan unsur yang dapat membuat suatu karya seni terlihat lebih nyata karena berhubungan dengan detail suatu objek dalam seni rupa.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa memiliki fungsi spesial di hati pecintanya. Selain itu seni rupa memiliki beberapa fungsi lain sebagai berikut.

1. Menyenangkan atau mengekspresikan emosional individu.

2. Sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, contohnya patung-patung dewa.

3. Sebagai sarana komunikasi di dalam suatu kelompok masyarakat.

4. Memberikan edukasi kepada masyarakat, baik secara tersirat maupun secara tersurat.

5. Sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Demikian ulasan mengenai pengertian seni rupa, jenis hingga fungsinya. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *