Pengertian Akomodasi dalam Berbagai Bidang, Tujuan, Bentuknya

Pelayananpublik.id- Akomodasi adalah sebuah kata yang dapat diartikan sebagai tempat tinggal sementara atau berkaitan dengan pelayanan tempat tinggal.

Jika mendengar kata akomodasi pasti pikiran Anda tertuju pada hotel dan penginapan yang lainnya. Lalu apa sebenarnya pengertian akomodasi itu?

Pengertian Akomodasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada beberapa arti akomodasi yakni.

1. Sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian: dia bertugas menyiapkanbagi para tamu yang datang dari luar daerah. Contohnya penginapan.

2. Di ilmu biologi arti dari akomodasi adalah penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda.

3. Dalam antropologi, akomodasi juga berarti penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik.

4. Di ranah sosial, akomodasi berarti penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Akomodasi Dalam Berbagai Bidang

Istilah akomodasi juga sering terdengar dalam berbagai bidang dengan arti yang berbeda-beda. Kata akomodasi muncul di berbagai bidang seperti pariwisata, kesehatan hingga komunikasi.

Berikut penjelasan makna akomodasi di berbagai bidang.

Pariwisata

Akomodasi dalam bidang pariwisata merupakan suatu tempat yang dapat digunakan untuk menginap, misalnya seperti hotel, villa, motel, kamar dan lain-lain. Pada umunya akomodasi diartikan sebuah tempat penginapan yang disediakan oleh penyedia jasa ketika anda dalam perjalanan dan berlibur.

Agar dapat membandingkan hotel dengan jenis akomodasi yang lain, biasanya akomodasi dalam dunia pariwisata sangat identik dengan penginapan.

Sederhananya, akomodasi adalah tempat yang dapat dijadikan sebagai hunian sementara saat seseorang atau keluarga bepergian untuk liburan, berwisata dan lain-lain.

Pendidikan

Akomodasi juga muncul di bidang pendidikan. Akomodasi merupakan sarana yang membantu murid belajar.

Akomodasi dapat membantu anak-anak mempelajari materi yang sama dan memenuhi harapan yang sama dengan teman sekelas mereka.

Jika seorang siswa memiliki masalah membaca, misalnya, dia mungkin mendengarkan rekaman audio dari sebuah teks.

Ada berbagai jenis akomodasi kelas, termasuk presentasi (seperti mendengarkan rekaman audio teks) dan pengaturan (seperti di mana seorang siswa duduk).

Selain itu, contoh akomodasi di lingkungan sekolah yang perlu diketahui adalah ajudikasi. Jenis akomodasi ini adalah akomodasi yang dilakukan melalui proses pengadilan. Konflik yang dialami dua pihak dilaporkan ke pengadilan agar konflik tersebut bisa terselesaikan secara baik melalui jalur hukum.

Psikologi

Sementara, akomodasi dalam bidang psikologi adalah proses adaptasi seseorang atau manusia. Dalam bidang psikologi, akomodasi biasanya juga diartikan sebagai suatu proses yang menggambarkan prilaku setiap orang dan struktur mentalnya yang mengalami proses modifikasi, dengan tujuan supaya bisa melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

Sebagai informasi, akomodasi tidak hanya terjadi pada anak-anak; orang dewasa juga mengalami hal ini. Ketika pengalaman memperkenalkan informasi atau informasi baru yang bertentangan dengan skema yang ada, Anda harus mengakomodasi pembelajaran baru ini untuk memastikan bahwa apa yang ada di dalam kepala Anda sesuai dengan apa yang ada di luar di dunia nyata.

Kesehatan

Di bidang kesehatan, akomodasi dapat berkaitan dengan indra penglihatan, atau lebih jelasnya merupakan proses kemampuan yang dimiliki oleh daya optik.

Otot-otot pada siliaris mata yang beradaptasi terhadap objek penglihatan dengan cara mengubah panjang dari fokus lensa mata, supaya bisa mendapatkan fokus terhadap citra objek yang dekat maupun jauh secara jelas pada retina mata.

Komunikasi

Akomodasi juga muncul dalam bidang komunikasi, yakni sebuah kemampuan untuk menyesuaikan, memodifikasi, atau mengatur perilaku seseorang ketika merespons komunikasi atau perilaku orang lain.

Dalam komunikasi, akomodasi dapat diartikan sebagai proses komunikasi, atau proses penyesuaian cara untuk berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, dengan tujuan supaya dapat berkomunikasi dengan baik.

Selain itu, proses penyesuaian ini biasanya terjadi atas dasar bahasa ataupun watak yang berbeda. Proses komunikasi dapat menjadi lebih efektif jika memiliki latar belakang yang sama, misalnya seperti latar belakang bahasa, watak, adat isiadat dan lain-lain.

Bentuk Akomodasi

Selain ada di berbagai bidang, akomodasi juga memiliki beberapa bentuk. Berikut beberapa bentuk-bentuk akomodasi

1. Coercion

Ini merupakan bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan dengan cara paksaan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan dikarenakan salah satu pihak yang berkonflik berada dalam posisi yang lemah.

2. Kompromi

Berbeda dengan coercion yang melalui jalur paksaan, kompromi adalah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian terhadap perselisihan yang ada.

3. Arbitrasi

Bentuk lain akomodasi adalah arbitrasi yakni suatu cara untuk mencapai kesepakatan apabila pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menyelasaikan konflik mereka sendiri. Jenis akomodasi ini dalam pelaksanaannya akan menghadirkan pihak ke tiga sebagai mediator.

4. Konsiliasi

Konsiliasi adalah suatu bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginandari pihak-pihak yang Bertikai untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.

5. Toleransi

Toleransi adalah bentuk akomodasi tanpa kesepakatan yang formal dan dilaksankakan atas saling pengertian antara pihak yang bertikai

6. Stalemate

Stalemate adalah suatu akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang seimbang sehingga mereka memutuskan untul berhenti pada satu titik tertentu dalam melakukan pertentangannya.

7. Ajudikasi

Sementaa, ajudikasi adalah bentuk akomodasi dimana penyelesaian perkara atau sengketa di lakukan melalui proses pengadilan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan ketika pihak yang bertikai mengalami kebuntuan untuk menyelesaikan sengketa.

Tujuan Akomodasi

Berdasarkan pengertian di atas tujuan utama dari akomodasi adalah penyesuaian agar tidak terjadi masalah, konflik, pertentangan dan menciptakan kenyamanan.

Adapun beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut:

1. Akomodasi perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko terjadinya kerusakan dan ketidaknyamanan.

2. Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar yang bisa mengakibatkan peperangan.

3. Memungkinkan terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah karena perbedaan budaya dan faktor sosial.

4. Menyatukan kelompok-kelompok sosial yang berlatar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

Demikian pengertian akomodasi dalam berbagai bidang, tujuan, dan bentuknya kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *