Asbanda: Undian Simpeda di Danau Toba Bermanfaat Bagi Perekonomian dan Pariwisata

Pelayananpublik.id-Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 yang diselenggarakan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara ternyata memberikan kesan baik dan manfaat bagi perekonomian dan pariwisata.

Disampaikan oleh Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), Wimran Ismaun, pemilihan lokasi acara di KSPN merupakan ide yang kreatif dan bermanfaat bagi pelaku UMKM Lokal.

“Undian Simpeda yang diselenggarakan oleh Bank Sumut di Danau Toba sangat berkesan dan antusias para peserta sangat tinggi,” kata Wimran, Selasa (29/4/2024).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Dia mengatakan, Undian Nasional Simpeda juga jadi wadah silaturahmi dan mempererat hubungan baik antara para BPD se-Indonesia dan juga pemegang saham.

Wimran menjelaskan, Bank Sumut membuat konsep acara yang unik. Dalam acara tersebut, Bank Sumut mengedepankan kearifan lokal yakni pertunjukkan tarian dari 8 etnis Sumut, pertunjukkan lompat batu Nias dan penampilan komunitas kesenian di kawasan Danau Toba.

“Selain menyelenggarakan seminar dan undian Simpeda, Bank Sumut juga mengedapankan promosi pariwisata Danau Toba. Ada Pariwisata alam, kebudayaan, kuliner dan sejarah yang dipromosikan Bank Sumut,” terangnya.

Menurutnya, penyelenggaraan acara yang dilaksanakan Bank Sumut berdampak positif pada sektor perekonomian dan pembangunan pariwisata Danau Toba.

“Antusias peserta sangat tinggi, bisa jadi para peserta yang berasal dari Provinsi lain akan kembali lagi ke Danau Toba untuk berwisata. Ini juga bentuk dukungan Bank Sumut dan BPD se-Indonesia terhadap KSPN Danau Toba,” ungkap Wimran.

Pada event itu, Bank Sumut juga membuat ladies program yang mana istri dari para direksi dan perwakilan BPD diajak berwisata di kawasan Danau Toba.

“Pada ladies program, ibu-ibu diajak berwisata di kawasan Danau Toba, ada yang menyeberang ke Pulau Samosir. Mereka berbelanja produk UMKM lokal, banyak ibu-ibu yang beli oleh-oleh. Tidak hanya berwisata kuliner di kawasan Danau Toba saja dan rombongan BPD juga singgah di lokasi kuliner yang legendaris seperti burung goreng di Siantar, durian dan lainnya. Event ini sangat bermanfaat bagi pembangunan perekonomian tentunya,” jelasnya.

Selama penyelenggaraan event undian nasional Simpeda itu, banyak hotel selama 22-24 April di kawasan Danau Toba yang diisi oleh rombongan BPD se-Indonesia dan penyelenggara event.

Wimran mengapresiasi Bank Sumut yang berhasil menyelenggarakan event Undian Simpeda jadi menarik, bermanfaat dan berbeda dari biasanya.

“Saya mengapresiasi kepada Bank Sumut yang sukses menyelenggarakan acara ini. Suksesnya acara ini juga atas dukungan penuh dari direktur utama pak Babay, direktur Pemasaran Pak Hadi dan Ketua Panita Pak Heru. Kami dari Asbanda mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bank Sumut,” pungkas Wimran.

Terpisah, Direktur Utama PT Bank Sumut Babay Parid Wazdi mengatakan ini adalah kali kedua Bank Sumut menjadi tuan rumah penyelenggaraan Undian Nasional Tabungan Simpeda.

“Terima Kasih atas dukungan Asbanda dan BPD se-Indonesia kepada Bank Sumut yang menyelenggarakan Undian Nasional Tabungan Simpeda kali ini. Semoga event ini bisa bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi perekonomian dan pariwisata,” ujar Direktur Utama Bank Sumut, Babay Parid Wazdi. (*)