Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Sumut: Kolaborasi Stakeholder untuk Perjalanan Aman

Pelayananpublik.id- Dishub Sumut bersama Ditlantas Polda Sumut dan Jasa Raharja Sumut telah mengambil langkah proaktif dalam memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2024. Dalam sebuah diskusi menggugah di studio stasiun radio terkemuka di Medan, para pemimpin utama dari ketiga lembaga ini membahas persiapan yang telah mereka lakukan untuk memastikan arus lalu lintas yang aman dan lancar.

Kepala Dishub Sumut, Agustinus Panjaitan, mengungkapkan, pendaftaran untuk program Mudik Gratis Idulfitri 1445H telah mencapai tingkat partisipasi yang signifikan. Sebanyak 2500 seat terisi. “Tujuan program ini adalah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pengendara sepeda motor, dan meringankan beban ekonomi masyarakat, serta mengantisipasi lonjakan inflasi di hari besar keagamaan,” ujarnya, Sabtu (23/3/2024).

Kolaborasi dengan Jasa Raharja Sumut juga menjadi fokus dalam mengantisipasi risiko kecelakaan. Kepala Jasa Raharja Sumut, Mulyadi menyampaikan, telah dilakukan rapat koordinasi dan survei jalur bersama stakeholder terkait untuk mengevaluasi titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Data kecelakaan 2023 menunjukkan, sekitar 60 persen kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah sepeda motor. Korban meninggal dunia maupun luka-luka didominasi oleh usia produktif. “Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Saat ini Jasa Raharja telah bekerja sama dengan 162 rumah sakit di Sumatera Utara. Untuk Laporan Polisi, sistem kami telah terintegrasi dengan Kepolisian,” tambahnya.

Dirlantas Polda Sumut, Kombes Muji Ediyanto, menekankan pentingnya persiapan pos pengamanan, pos pelayanan, serta pos terpadu di ruas jalan dan titik-titik rawan kriminalitas, kemacetan, dan kecelakaan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi masyarakat yang merayakan Idulfitri.

Masyarakat Sumut juga diajak untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga keselamatan di jalan. Imbauan tersebut disampaikan oleh Mulyadi, dengan menekankan pentingnya kesadaran berlalu lintas yang tinggi agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar dan aman. “Bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara di manapun berada, berhati-hatilah saat berkendara, jangan ugal-ugalan, keluarga menunggu di rumah,” imbaunya.

Dengan kolaborasi yang solid dan upaya persiapan yang komprehensif, diharapkan musim mudik Lebaran tahun ini akan menjadi perjalanan yang aman dan lancar bagi seluruh pemudik di Sumatera Utara. (*)