Bawaslu Sumut Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Pelayananpublik.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 2024 Sumatera Utara (Sumut) menggelar Apel Siaga Pengawasan dan Deklarasi Kampanye Damai untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Istana Maimun Medan, Rabu (29/11/2023) sekira pukul 08.00 WIB.

Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Depari Lubis mengatakan fokus utama Bawaslu dalam Pemilu adalah menjalankan tugas secara profesional, menjunjung tinggi integritas, dan patuh pada peraturan yang berlaku.

“Fokus utama Bawaslu memastikan semua pihak yang terlibat dalam Pemilu melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai undang-undang maupun peraturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu,” ujarnya.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Aswin mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Non-TNI/Polri agar bersikap netral.

“Agar ASN non TNI/Polri netral, kita berkoordinasi dengan stakeholder,” ucapnya.

Masih di kesempatan yang sama, Aswin memastikan tidak ada pelanggaran Pemilu hingga hari kedua kampanye.

“Hingga hari kedua kampanye, baik dari anggota partai atau calon legislatif belum ditemukan adanya pelanggaran,” terang Aswin.

Ada pula kegiatan penandatanganan deklrasi kampanye damai dan pawai oleh seluruh perwakilan anggota Bawaslu dari setiap kabupaten dengan rute Istana Maimun – Lapangan Merdeka, dan kembali lagi ke Istana Maimun. Sebanyak 500 peserta hadir dalam acara tersebut. (ri)