Usai Difoto Tanpa Busana, Finalis Miss Universe Indonesia Lapor Polisi

Pelayananpublik.id- Salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023 melapor ke polisi usai difoto tanpa busana.

Wanita berinisial N itu yang diduga korban pelecehan seksual itu melapor ke Polda Metro Jaya, dengan Nomor LP/B/4598/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Menurut Kuasa Hukum N, Melissa Anggraini, pelecehan itu terjadi saat N diminta pemeriksaan tubuh atau body checking meski tak ada dalam susunan acara.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Tiba-tiba dihadapkan seolah-olah ditodong harus melakukan body checking dan cukup membuat klien kami ini terpukul merasa martabatnya dihinakan,” ujar Melissa di Polda Metro Jaya, Senin (7/8).

Menurutnya, body checking itu juga terjadi kepada Miss Universe lainnya. Sehingga, dia membuat laporan yang ditujukan kepada PT Capella Swastika Karya sebagai pihak penyelenggara.

Dalam kesempatan tersebut, Provinsional Direktor Jawa Barat Riski mengatakan ada tiga muridnya yang dipaksa untuk membuka bra di depan para penyelenggara.

“Tiga orang anak-anak saya sangat sedih saat waktu mereka ceritakan dipaksa buka bra karena ada laki-laki juga dua tiga orang. Walaupun laki-laki itu diduga sebagai gay, tetap saja itu laki-laki menurut saya,” tuturnya.

Menurut Riski dan Melissa, hal tersebut memperkuat laporan yang dilayangkan. Selain itu, dia juga telah menyerahkan sejumlah barang bukti berupa dokumen surat, foto, dan video.

“Kami juga cukup terkaget-kaget ya melihat foto-foto yang diambil oleh mereka, dan terlebih lagi setelah dilakukan body checking diambil gambar dan ada laki-laki,” tutur Melissa.

Dalam kasus ini, korban melaporkan dengan Pasal 4, 5, dan 6 Undang-undang TPKS. Serta Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang TPKS.

“Kami menduga perbuatan yang mereka lakukan sudah merendahkan harkat dan martabat seorang perempuan. Ditambah lagi saat body checking ada pihak lawan jenis dan ini sangat menyakitkan hati,” ujar Melissa.

Sementara itu, Direktur Miss Universe Indonesia Poppy Capella merilis pernyataan melalui unggahan Instagram Miss Universe Indonesia 2023. Poppy menyampaikan terimakasih atas berbagai perhatian dan pandangan terkait Miss Universe Indonesia.

Berikut pernyataan lengkap Direktur Miss Universe Indonesia Poppy Capella:

Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media dan masyarakat luas.

Dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap umpan balik baik yang dibalut pujian maupun ditaburi kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe.

Saya ingin mengucapkan terimakasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu sejenak untuk berbagi pandangan, perasaan dan perspektif dengan kami. Komentar kalian bukan sekadar kata-kata, kalian adalah kekuatan yang kuat serta mendorong tekad dan semangat kami.

Setiap umpan balik, setiap komentar bertujuan sebagai bahan bakar yang memperkuat tekad kami dan mendorong Organisasi Miss Universe Indonesia ke tingkat yang lebih baru.

Jadi, saya berterimakasih, bukan hanya untuk engagement kalian, tetapi untuk memberi energi pada perjalanan kami. Partisipasi aktif kalian memastikan Miss Universe Indonesia terus bersinar lebih terang, berdiri lebih tinggi, dan tetap menjadi lambang keunggulan di dunia kontes kecantikan.

Sayangnya dalam pernyataannya itu, Poppy tak menjawab terkait adanya momen finalis diminta tampil tanpa busana dan difoto saat melakukan pemeriksaan tubuh atau body checking. (*)