Cara Membuat Sirup Markisa Manis dan Segar Seperti di Iklan

Pelayananpublik.id- Sirup buah adalah minuman manis yang disukai banyak orang. Salahsatu sirup buah yang digemari orang-orang adalah markisa. Rasanya yang manis asam segar membuatnya menjadi populer.

Namun sayang banyak sirup markisa yang dijual memiliki rasa terlalu manis dan tidak mirip seperti rasa buah aslinya.

Nah, untukĀ  mendapatkan rasa sirup markisa yang lebih segar seperti aslinya, kita bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Berikut adalah salah satu cara untuk membuat sirup markisa:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 6-8 buah markisa matang

– 1 1/2 cangkir air

– 1 cangkir gula

– 1 sendok makan air jeruk nipis (opsional, untuk menambah rasa segar)

Langkah-langkahnya:

– Potong markisa menjadi dua bagian dan ambil daging buahnya dengan menggunakan sendok. Taruh daging markisa dalam blender atau penggiling makanan.

– Blender atau giling daging markisa hingga halus.

– Siapkan panci dan tambahkan air, gula, dan daging markisa yang telah dihaluskan ke dalam panci tersebut.

– Panaskan panci dengan api sedang, aduk rata campuran markisa, air, dan gula.

– Biarkan campuran mendidih, kemudian kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan selama sekitar 15-20 menit. Aduk sesekali untuk mencegah gula membakar dan memastikan larutan markisa meresap dengan baik.

– Setelah larutan sirup markisa mengental, matikan api dan diamkan selama beberapa menit agar sirup sedikit mendingin.

– Gunakan saringan atau kain kasa bersih untuk menyaring sirup markisa, sambil menekan ampas markisa untuk mengeluarkan sari yang terperangkap.

– Biarkan sirup markisa yang sudah disaring mendingin sepenuhnya, kemudian tuangkan ke dalam botol kaca yang bersih dan kedap udara.

-Simpan sirup markisa di dalam lemari es dan gunakan sesuai kebutuhan.

– Sirup markisa yang sudah jadi dapat digunakan untuk membuat minuman segar seperti es markisa, koktail, atau dapat juga digunakan sebagai sirup pelengkap untuk makanan penutup atau yogurt. Selamat mencoba!

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya.