IWO Siantar Gelar Workshop Bahas Peran Media dalam Kepemiluan

Pelayananpublik.id- Workshop “Peran Media Dalam Menciptakan Kekondusifan dan Partisipasi dalam Pemilu 2024” diselenggarakan oleh IWO Siantar, kemarin dengan dukungan luas dari berbagai pihak. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas jurnalistik.

Peserta workshop menunjukkan animo dan antusiasme yang tinggi, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas tulisan dan memberikan kontribusi positif dalam mengedukasi masyarakat.

“Fokus utama workshop ini adalah pemahaman dan penerapan kode etik jurnalistik, sehingga wartawan online dapat menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan kecermatan dalam menyajikan fakta yang akurat,” kata Ketua IWO Siantar Jonroi Tua Purba, Selasa (27/6/2023).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Media massa memiliki peran penting dalam menciptakan kekondusifan dan partisipasi yang tinggi dalam proses Pemilu. Melalui tulisan-tulisan mereka, wartawan dapat membantu masyarakat membuat keputusan yang tepat saat memilih pemimpin dan wakil rakyat.

Workshop ini menjadi langkah awal yang baik dalam meningkatkan kualitas jurnalistik dan peran media dalam Pemilu. Dukungan yang luas dan partisipasi aktif dari peserta menunjukkan kesadaran akan tanggung jawab mereka sebagai wartawan.

“Penyajian informasi yang benar dan akurat oleh media massa diakui pentingnya dalam mengedukasi masyarakat dan memastikan terciptanya proses pemilihan yang aman, damai, dan lancar,” begitu Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani dalam kata sambutannya.

Lebih jauh dr Susanti mengatakan, dengan memahami kode etik jurnalistik, meningkatkan profesionalisme, dan menyajikan informasi yang akurat, media massa dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencerdaskan masyarakat dan menciptakan proses pemilihan yang demokratis.

Bahkan, sambungnya, komitmen dari berbagai pihak sangat penting untuk mewujudkan media yang lebih baik dan memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat dan demokrasi secara keseluruhan. (*)