Cara Membersihkan Ati dan Rempelo Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasak

Pelayananpublik.id- Ati dan rempelo merupakan bagian dalam tubuh ayam yang sering diolah menjadi lauk. Contohnya adalah sambal ati rempelo, gulai hati ayam dan lainnya.

Menu tersebut digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan nikmat. Padahal rempelo sendiri adalah kantung tempat menampung kotoran ayam.

Jadi bisa dibayangkan, jika itu tidak dibersihkan sebersih-bersihnya, maka Anda akan ikut memakan kotoran ayam di piring Anda.

hari jadi pelayanan publik

Selain itu ati rempelo yang tidak dibersihkan dengan baik akan terasa pahit. Karena ada aliran empedu pada hati.

Lalu bagaimana cara membersihkan ati rempelo dengan benar?

– Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan ati rempelo ayam:

– Siapkan ati rempelo ayam yang akan dibersihkan. Pastikan ati ayam masih segar.

– Basahi ati rempelo ayam dengan air dingin yang mengalir. Ini akan membantu membersihkan kotoran atau darah yang mungkin menempel.

– Gunakan pisau yang tajam untuk menghilangkan bagian berlemak dan mengupas lapisan kuning di atas ati rempelo ayam. Anda dapat memotong bagian atas ati rempelo secara perlahan dan hati-hati.

– Belah rempelo perlahan, jangan sampai merusak lapisan kantung kotorannya. Setelah itu ambil kupas perlahan, pisahkan dari dagingnya. Jika kantong tidak rusak, maka kotoran ayam di dalamnya tidak akan menyebar dan bisa langsung dibuang.

– Setelah menghilangkan lapisan kuning, Anda akan melihat lapisan berwarna kecoklatan di bawahnya. Ini adalah lapisan empedu. Potong bagian ini dengan hati-hati dan buang. Pastikan untuk tidak merobek lapisan empedu, karena itu dapat memberikan rasa pahit pada ati rempelo.

– Setelah menghilangkan lapisan empedu, bilas ati rempelo dengan air dingin untuk membersihkannya dari sisa-sisa potongan yang mungkin ada.

– Setelah membersihkan ati rempelo, Anda dapat menggunakan ati rempelo yang sudah bersih untuk dimasak sesuai dengan resep yang diinginkan. Jangan lupa beri air perasan jeruk asam agar mengurangi bau amis.

– Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun setelah selesai membersihkan ati rempelo dan membersihkan semua peralatan yang digunakan untuk menghindari kontaminasi silang. Selalu perhatikan kebersihan dan kesegaran ati rempelo saat memasak.

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya. (*)