Cara Membersihkan Kepiting yang Benar Agar Tak Salah Olah

Pelayananpublik.id- Kepiting merupakan salahsatu makanan laut yang digemari. Rasanya yang manis dan gurih tentu sangat cocok dinikmati jika diolah dan dibersihkan dengan baik.

Sebagian orang menyukai kepiting namun tidak bisa membersihkannya. Apalagi kepiting memiliki cangkang yang keras dan bs melukai.

Untuk itu, berikut ini kami bagikan tips bagaimana cara membersihkan kepiting yang benar agar bisa diolah dengan baik.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Berikut adalah cara membersihkan kepiting:

– Pertama-tama, matikan kepiting dengan cara merebusnya dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit atau sampai kulit kepiting berubah menjadi merah cerah. Angkat kepiting dari air dan biarkan dingin.

– Setelah dingin, lepaskan kaki, capit dan insang dari tubuh kepiting. Untuk lepaskan kaki, tekankan bagian pangkal kaki ke dalam tubuh kepiting dan tarik keluar. Untuk capit, putar ke arah berlawanan arah jarum jam kemudian tarik ke arah berlawanan dengan pangkal capit. Untuk insang, potong bagian belakang kepala dan keluarkan insang dengan hati-hati.

– Setelah lepas dari tubuh kepiting, bersihkan kaki dan capit dari semua sisa-sisa dengan menggunakan sikat atau kain lembut. Pastikan tidak ada sisa-sisa di dalam capit atau kaki kepiting.

– Cuci kepiting dengan air mengalir dan bersihkan bagian dalam dan luar dengan kuas dan air bersih. Jangan lupa untuk membersihkan semua sisa-sisa di dalam kepiting, terutama bagian pangkal kaki dan capit.

– Setelah selesai dibersihkan, kepiting siap dimasak atau disimpan dalam lemari es sampai siap untuk digunakan.

– Harap diingat, ketika membersihkan kepiting pastikan untuk menggunakan alat yang tajam dan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan area kerja dan tangan dengan benar setelah selesai membersihkan kepiting.

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya.