Cara Menghilangkan Noda Luntur Warna di Pakaian

Pelayananpublik.id- Transfer warna atau luntur warna suatu pakaian ke pakaian lain tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika yang terkena lunturan warna itu adalah pakaian warna putih.

Kadang detergen pun tidak bisa membantu menyelamatkannya.

Lalu apakah lunturan warna pada pakaian bisa dihilangkan. Jawabannya, bisa.
Meskipun sulit dan tidak hilang 100 persen, ada beberapa cara yang diyakini bisa menghilangkan noda kelunturan pada pakaian.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan noda luntur warna di pakaian, tergantung pada jenis kain dan warna yang terkena noda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba:

– Asam sitrat atau cuka putih. Anda dapat mencampurkan asam sitrat atau cuka putih dengan air hangat dan merendam pakaian yang terkena noda selama beberapa jam sebelum dicuci seperti biasa. Hal ini akan membantu menghilangkan noda dan mencegah terjadinya luntur pada warna lainnya.

– Garam. Cara lain untuk menghilangkan noda luntur warna adalah dengan menggunakan garam. Anda dapat mencampurkan garam dengan air dingin dan merendam pakaian selama beberapa jam sebelum dicuci seperti biasa. Garam juga dapat membantu mengembalikan warna pada pakaian yang pudar.

-Deterjen khusus untuk warna. Anda juga dapat menggunakan deterjen khusus untuk warna agar pakaian Anda tetap awet dan tidak luntur. Pastikan Anda membaca petunjuk pada kemasan deterjen sebelum menggunakannya.

– Soda kue. Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur warna pada pakaian. Anda dapat mencampurkan soda kue dengan air hangat dan merendam pakaian selama beberapa jam sebelum dicuci seperti biasa.

– Lemon. Anda dapat menggosokkan potongan lemon pada noda luntur pada pakaian Anda, kemudian merendam pakaian dalam air hangat selama beberapa jam sebelum dicuci seperti biasa. Lemon memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada pakaian.

Pastikan Anda selalu melakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian kecil dari pakaian Anda sebelum menggunakan bahan apapun untuk menghilangkan noda, untuk memastikan tidak terjadi kerusakan atau luntur pada warna lainnya.

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya. (*)