Pemko Medan Kolaborasi dengan IEC Pasarkan Produk UMKM ke Kancah Internasional

Pelayananpublik.id- Pemko Medan melalui Dinas Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan Indonesia Export Channel (IEC) berkomitmen memasarkan produk-produk UMKM ke kancah Internasional.

Melalui program kerjasama ini, Dinas UMKM dan IEC bersinergi untuk meningkatkan kemampuan ekspor dan memfasilitasi pemasaran produk Indonesia di pasar internasional.

Walikota Medan, M. Bobby Afif Nasution mengatakan dirinya senang melihat produk UMKM binaan Dinas UMKM Kota Medan bisa menembus pasar internasional.

hari jadi pelayanan publik

Ia juga mengingatkan agar para pelaku UMKM di kota medan jangan pernah cepat puas dengan pencapaian yang di dapatkan hari ini.

“Karena hari ini awal kita mulai bisnis untuk skala besar,” ujarnya pada acara pelepasan export produk UMKM binaan Dinas UMKM Kota Medan, 9 Maret 2023 silam.

Adapun beberapa produk unggulan Dinas UMKM Medan yang dipasarkan secara internasional adala Gula Aren Cair, Kelor, Sambal, kopi, Sekam Padi, Sapu Lidi dan kulit pohon Pinus.

Bobby juga berpesan agar Kepala Dinas UMKM Benny Iskandar Nasution serta komunitas Indonesia Export Channel tidak pernah lelah untuk membina para pelaku UMKM untuk naik kelas dan menumbuhkan exportir muda muda baru di kota medan.

Kepala Dinas UMKM Benny Iskandar Nasution, menyatakan kerjasama ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap kedapannya berhasil meningkatkan kualitas produk UMKM dan meningkatkan keterampilan para pelaku usaha kecil dalam mengelola usahanya,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Dinas UMKM telah memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk membantu para pelaku usaha kecil dalam meningkatkan kualitas produknya, antara lain pelatihan pemasaran, manajemen produksi dan manajemen keuangan.

“Kami berharap dengan peningkatan kualitas produk, eksportir di kita medan dapat meningkatkan daya saingnya di pasar internasional dan meningkatkan nilai ekspor kota medan secara keseluruhan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IEC Regional Sumut, Haris Sanjaya mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan terhadap produk UMKM Medan seperti logistik, dukungan managemen Keuangan, dan dukungan dalam navigasi proses ekspor dan impor.

“Kami berharap dengan bekerjasama dengan Dinas UMKM dapat membantu meningkatkan kemampuan eksportir di kota Medan ke pasar internasional,”.

Kerjasama antara Dinas UMKM dengan Indonesia Export Channel diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di kota medan.

Dengan meningkatkan kapabilitas dan kualitas produk UMKM, dapat memperluas pasarnya dan meningkatkan nilai ekspor kota Medan secara keseluruhan. Selain itu, kerja sama dengan komunitas Indonesia dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka dengan memberikan pelatihan dan bimbingan tentang standar kualitas dan keamanan produk yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan pasar global. (*)