Cara Menyaring Air Kran yang Kotor Agar Layak Diminum

Pelayananpublik.id- Layanan air tidak selamanya baik. Ada kalanya perusahaan penyalur air minum melakukan pemeliharaan atau pembersihan sehingga air yang keluar dari kran kotor.

Selain itu, warga yang memanfaatkan air gunung juga sering mendapatkan air kotor terutama ketika hujan deras.

Namun, air kotor bisa disaring agar layak dikonsumsi.

hari jadi pelayanan publik

Untuk menyaring air kran yang kotor, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Diamkan air dalam wadah selama beberapa waktu untuk membiarkan partikel-partikel kotoran atau endapan turun ke dasar wadah. Kemudian, perlahan-lahan tuangkan air yang jernih ke dalam wadah bersih.

– Gunakan saringan air atau penyaring air yang tersedia di pasaran. Pilihlah saringan air yang dapat menyaring partikel-partikel kecil seperti pasir, kerikil, dan kotoran lainnya.

– Anda juga dapat menggunakan kain atau kain saring untuk menyaring air. Pastikan kain atau kain saring yang digunakan bersih dan telah dicuci dengan air bersih terlebih dahulu. Kemudian, ikat kain atau kain saring pada bibir wadah dan tuangkan air kran perlahan-lahan melalui kain atau kain saring tersebut.

– Jika air kran masih terlihat keruh atau berwarna, Anda dapat menambahkan beberapa tetes larutan pemutih (bleach) yang mengandung 5,25% natrium hipoklorit ke dalam air tersebut. Aduk hingga merata dan diamkan selama 30 menit sebelum digunakan. Pastikan Anda membaca label pada larutan pemutih dan mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar.

– Jangan lupa untuk membersihkan saringan air atau kain saring yang digunakan setiap kali setelah digunakan. Pastikan juga saringan atau kain saring selalu bersih sebelum digunakan kembali.

Dengan cara-cara di atas, air kran yang tadinya kotor dapat disaring dan dihasilkan air yang lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi atau digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, untuk mendapatkan air yang benar-benar aman dan bersih, sebaiknya Anda menggunakan air yang berasal dari sumber yang terpercaya atau memasang filter air yang dapat menyaring lebih efektif.

=====================================================================================

Penafian (disclaimer): Artikel ini bersumber dari aplikasi/platform ChatGPT (sistem robot AI/Kecerdasaan Buatan). Redaksi pelayananpublik.id membuat artikel ini dengan mencari kata pencarian/keyword yang sering dicari para pembaca, tujuannya untuk memudahkan para pembaca/masyarakat dalam pencarian di search engine seperti google, bing, ask dan lainnya.