PLN selamat natal 2022

Irham Buana Serahkan Bantuan Peralatan Penunjang untuk Pelaku IKM

Pelayananpublik.id – Wakil Ketua DPRD Sumut Irham Buana Nasution bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, melakukan kegiatan Bimbingan Teknis ‘Menumbuhkan Wirausahawan Baru Bagi IKM’, di Hotel Grand Antares, 13-14 Desember 2022.

Dalam kegiatan ini ratusan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) berbondong-bondong datang untuk mengikuti pelatihan, sekaligus menerima peralatan yang menunjang keberlangsungan IKM tersebut. Ada empat kategori pelaku IKM yang mendapatkan pelatihan dan juga bantuan, yakni pelaku IKM kuliner sebanyak 20 orang, IKM bakery sebanyak 30 orang, IKM fashion sebanyak 30 orang, dan IKM kopi sebanyak 30 orang.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Irham Buana Nasution dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pelatihan dan bantuan peralatan penunjang kegiatan IKM ini, semoga pelaku IKM yang ada di Sumatera Utara bisa berdaya guna dan berdaya saing tinggi.

“Semoga program kerjasama yang dilakukan oleh DPRD Sumut dan Disperindag Sumut bisa bermanfaat bagi bapak/ibu, dan kita harus memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Disperindag Sumut,” Jelasnya.

Ditambahkannya, dengan adanya pelatihan dan bantuan peralatan kepada pelaku IKM khususnya yang berada di Kota Medan, kami berpesan kepada pelaku IKM yang mendapatkan bantuan peralatan dan pelatihan, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi keluarga, pemberdayaan ekonomi lingkungan. Karena bapak/ibu bakal menjadi duta pemberdayaan yang menjadi inspirasi dan motivasi buat orang lain yang mungkin bisa mendapatkan pelatihan dan bantuan yang sama,” Tegasnya.

Irham juga meminta kepada Disperindag Sumut agar kegiatan ini tidak hanya terfokus kepada satu lokasi saja tetapi tersebar ke seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumut.

“Kita akan terus berupaya agar tahun depan, semakin banyak lagi para pelaku IKM yang mendapatkan manfaat dari pelatihan dan bantuan peralatan penunjang IKM. Saya berterima kasih kepada Disperindag Sumut yang telah bekerja keras memperhatikan para pelaku IKM ini. Semoga para pelaku IKM di Sumut semakin tangguh dan profesional,” Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindag Sumut, Aspan Sofian yang diwakili oleh Kabid Industri Kimia M Taufiq Lubis, mengatakan penciptaan kesempatan berusaha adalah salah satu yang bisa menyerap lapangan pekerjaan, inilah yang kita dorong agar pelaku IKM bisa bermanfaat untuk orang banyak.

“Wirausaha adalah orang yang berbakat bisa menciptakan produk baru dan bisa memasarkan produk secara baik dan profesional. Pelaku IKM saat ini adalah potensi besar karena sebagai sumber wirausaha baru dan bisa diharapkan bisa memenuhi kebutuhan domestik, bahkan bisa dipasarkan hingga ke luar negeri, ” Ucapnya.

Dikatakan Taufiq, para pelaku IKM yang mengikuti pelatihan ini sangat kita harapkan bisa termotivasi menjadi profesional, mandiri dan selalu optimis agar produk yang dihasilkan bisa berkembang dan laris di pasaran.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan penyerahan bantuan perlengkapan penunjang pelaku IKM secara simbolis, yang diserahkan oleh Irham Buana Nasution didampingi pihak Disperindag Sumut.

Pelaku IKM kuliner mendapatkan bantuan peralatan berupa dandang, kompor gas, freezer, pelaku IKM bakery mendapatkan oven kue, kompor gas, mixer dan blender, pelaku IKM Fashion mendapatkan mesin jahit, gunting dan peralatan jahit lainnya, dan pelaku IKM kopi mendapatkan mesin espresso, mesin glinder, dan bahan untuk pembuatan kop