Apa Itu Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik Pembuatan Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id– Anda pasti sudah sering melihat berbagai karya seni termasuk yang 3 dimensi. Tiga dimensi berarti sebuah karya seni rupa itu memiliki bentuk fisik yang bisa disentuh. Misalnya patung, boneka dan lainnya yang memiliki bentuk fisik.

Berbeda dengan seni rupa dua dimensi yang hanya berupa gambaran di media.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Lalu apa pengertian seni rupa 3 dimensi itu? Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki tiga ukuran, yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Sederhananya, bisa dikatakan seni 3 dimensi adalah karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang. Contohnya adalah patung, vas bunga dan topeng.

Teknik Membuat Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi bisa dibuat dengan berbagai cara misalnya dengan memahat, mengukir dan lainnya. Berikut ini adalah macam-macam teknik membuat seni rupa 3 dimensi.

1. Teknik aplikasi, yakni digunakan dalam seni menjahit untuk menempelkan beberapa macam potongan kain yang telah digunting dalam sebuah kain. Potongan kain ini biasanya berbentuk bunga, bulan, bintang dan lain-lain. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memperindah pakaian.

2. Teknik Mozaik, yakni menempelkan benda 3 dimensi secara tertata ke sebuah media. Dengan menggunakan teknik ini, media seni menjadi lebih indah karena memiliki corak yang beragam.

3. Teknik Merakit, yakni teknik menggabungkan beberapa potongan bahan tertentu agar menjadi suatu karya seni yang utuh. Cara menggabungkan inilah yang dinamakan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan.

4. Teknik Pahat, yakni membentuk karya seni dengan membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan. Alat yang biasa digunakan pada teknik ini adalah alat pahat, kikir dan martil. Biasanya teknik pahat digunakan pada media keras seperti batu, kayu dan bahan lainnya.

5. Teknik Cor, yakni menuangkan bahan cair ke dalam tempat cetakan khusus. Bahan cair yang sering digunakan adalah semen, logam, karen dan lain-lain. Teknik ini cocok digunakan untuk membuat sebuah bangunan yang besar.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa tiga dimensi memiliki beberapa unsur yakni:

– Titik, yakni unsur terkecil yang digunakan dalam menggambar, baik menggambar seni rupa ataupun yang lainnya. Dari unsur ini kita dapat menghasilkan unsur lainnya seperti garis, simbol, bidang, rangka, dan ruang.

– Garis, yakni goresan berbentuk horizontal, vertikal, diagonal, lurus, lengkung, panjang, pendek, berombak, putus-putus dan lain-lain. Adapun kesan yang ditimbulkan dari berbagai macam garis ini bisa berbeda beda. Misalnya garis lengkung memberikan kesan lembut dan lentur, garis lurus berkesan tegak dan keras, garis patah-patah berkesan kaku.

– Bidang, yakni pengembangan dari garis yang membatasi suatu bentuk. Bidang sendiri memiliki sisi panjang dan lebar dan ukuran.

– Bentuk, yakni unsur yang menjelaskan identitas dari bangun ruang, misalnya bentuk kubus, balok, tabung, bola dan lain sebagainya. Bentuk sendiri memiliki sifat polos dan hanya diartikan sebagai wujud dari kesatuan garis yang tersusun.

– Tekstur, yakni karakteristik dari permukaan benda yang bisa dirasakan dan dilihat oleh panca indera. Tekstur memiliki beberapa sifat, diantaranya seperti halus, kasar, licin dan lain sebagainya.

Jenis Seni Rupa 3 Dimensi

Berdasarkan fungsi dan tujuannya, seni rupa tiga dimensi terbagi menjadi dua jenis, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

– Seni rupa murni, adalah seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi. Contohnya seperti vas bunga.

– Seni rupa terapan, adalah seni rupa yang lebih mengutamakan fungsi, namun tetap memiliki nilai keindahan. Contohnya seperti arsitektur.

Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi Dalam Kehidupan

1. Hiasan

Seni rupa 3 dimensi seringkali menjadi hiasan yang memuaskan mata. Bentuknya yang indah, unik, aneh menempati hati masing-masing penyukanya. Biasanya untuk tujuan ini seni rupa 3 dimensi diletakkan di tempat yang mudah dilihat orang misalnya ruang tamu, ruan keluar9a ataupun galeri.

2. Sarana Belajar

Misalnya seperti relief yang ada di candi borobudur yang menjadi sarana belajar pada masa lalu ketika Indonesia berbentuk Kerajaan.

3. Sarana Religi

Bagi umat agama tertentu, seni rupa tiga dimensi bisa menjadi sarana beribadah. Misalnya patung dewa untuk umat Budha dan Hindu.

Masjid untuk umat muslim untuk beribadah atau candi mendut dan candi borobudur yang digunakan untuk beribadah oleh umat budha pada acara waisya.

4. Sarana Rekreasi

Melihat karya seni rupa 3 dimensi bisa membuat orang terhibur dan senang misalnya dengan melihat bermacam boneka teddy bear di Teddy Bear Museum Pulau Jeju Korea.

5. Sarana Peringatan

Yakni kary seni untuk memperingati peristiw tertentu. Biasanya untuk mengbadikan momen tertentu manusia membuat gambar atau potret, namun bisa juga dengan seni rupa 3 dimensi. Contohnya tugu pahlawan, tugu buaya, tugu kol.

Demikian ulasan mengenai apa itu seni rupa 3 dimensi, teknik membuatnya hingga contohnya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.