Masyarakat Bisa Terima BLT BBM dari Rumah

Pelayananpublik.id- Pemerintah RI menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada 18,8 juta penerima manfaat.

Masyarakat bisa mengambil BLT tersebitndi kantor pos terdekat sebab PT Pos Indonesia akan menyalurkan bantuan tersebut melalui kantor-kantor cabang di wilayahnya.

Hal itu dikatakan Menteri Sosial, Tri Rismaharini seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (5/9/2022).

“Saat ini PT Pos sudah 18,8 juta yang sudah siap disalurkan,” katanya.

Risma menjelaskan, para penerima BLT bisa langsung mengambil jatah subsidi BBM di kantor-kantor yang telah ditunjuk. Namun, bagi penerima BLT yang berhalangan hadir karena sakit atau tidak mampu hadir secara fisik, BLT akan disampaikan langsung ke rumah penerima manfaat.

“Biasanya diambil ke kantor pos, tapi kalau enggak bisa ambil sendiri akan diantar ke rumah masing-masing. Misalnya untuk yang sakit, lansia, difabel,” kata Risma.

Pos Indonesia, lanjut Risma, juga akan mendatangi langsung rumah penerima bansos yang ada di gunung-gunung atau pedalaman. Semisal di Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua dan Papua Barat.

“Kami akan kirim langsung dengan carter pesawat ke berbagai tempat yang sulit sekalipun aksesnya, utamanya ke Nuga dan Aceh Jaya,” kataya.

Per Sabtu, 3 September 2022, kata dia, pemerintah pusat telah menyalurkan dana bansos yang jumlahnya mencapai Rp 12,4 triliun. Dana tersebut akan disalurkan kepada para penerima BLT subsidi BBM yakni 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

“Per sabtu sudah disalurkan ke 34 provinsi. Memang belum semua tapi sudah disalurkan lewat PT Pos,” kata Risma.

Ia berharap semua penerima manfaat akan segera mendapatkan BLT dari pemerintah. Agar masyarakat bisa mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM. “Jadi mohon disampaikan dan akan kami bagi setuntas-tuntasnya. Lusa kami harap bisa dikerjakan di 450 kabupaten kota,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.