Apa Itu Laporan Hasil Observasi, Ciri, Fungsi, Struktur, Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Dalam kegiatan penelitian tentu ada banyak jenis laporan yang bisa dibuat, salahsatunya adalah laporan hasil observasi.

Secara gampangnya, laporan observasi berarti hal-hal yang dirangkum dalam sebuah laporan atau catatan mengenai hasil dari pengamatan suatu objek.

Katakanlah seorang pasien di ICU, perawat akan melaporkan hasil observasi umum seperti yang diminta dokter. Misalnya dari pengamatan fisik pasien, detak jantung, tekanan darah dan lainnya. Laporan itu nantinya digunakan sebagai acuan sebelum menegakkan diagnosa lebih lanjut.

Selain itu laporan observasi juga dilakukan dokter untuk anak yang baru lahir. Biasanya bayi baru lahir akan masuk ruang observasi selama satu malam sebelum diserahkan di ibunya. Ketika diserahkan, pihak rumahsakit akan memberikan laporan observasi seperti tangisan bayi, cara bernapas, mata kuning, kecepatan menyusu dan lainnya.

Laporan observasi tentu saja bukan hanya ada di rumah sakit melainkan di berbagai bidang. Sebelum membahas lebih lanjut, simak dahulu pengertian laporan hasil observasi berikut ini.

Pengertian Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi adalah teks yang memuat penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil pengamatan.

Dikutip dari buku ‘Teks Laporan Hasil Observasi untuk Tingkat SMP Kelas VII’ terbitan Guepedia, laporan ini disebut juga dengan teks klasifikasi.

Penyusunan teks ini harus dibuat dengan struktur yang jelas agar dapat dipahami dengan baik, sebab isinya teks ini pada dasarnya berisi tentang berbagai informasi yang bermanfaat untuk bidang pengetahuan.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi Menurut Para Ahli

1. Kosasih, teks hasil observasi adalah suatu teks yang menyajikan informasi hasil analisis yang telah tersistematis berdasarkan sudut pandang keilmuan. Tidak hanya mencantumkan satu hasil observasi, teks ini juga memuat semua informasi yang telah didapatkan dari observasi.

2. Sugiyono mendefenisikan bahwa laporan hasil observasi adalah suatu catatan yang berisi mengenai keseluruhan proses pengamatan terhadap situasi dan kondisi.

3. Pengertian laporan hasil observasi menurut Sudjana adalah sebuah metode penelitian yang dilakukan untuk mengukur sebuah tindakan individu dalam suatu peristiwa.

4. Nawawi dan Martini mengatakan pemgertian laporan hasil observasi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang hasil pengamatan dan pencatatan yang ditulis secara urut.

5. Sutrisno Hadi mengatakan pengertian laporan hasil observasi adalah suatu tulisan yang berkaitan dengan berbagai macam proses biologis dan psikologis dari suatu fenomena yang diamati.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

– Melaporkan tanggung jawab dari data yang telah diamati.

– Menjelaskan latar belakang dari sebuah penyusunan kebijakan, keputusan, dan penyelesaian masalah

– Sarana untuk mendokumentasikan suatu objek amatan

– Sumber informasi mengenai suatu fenomena atau benda yang valid.

Mengapa Orang Membuat Laporan Hasil Observasi?

– Untuk menyelesaikan suatu persoalan atau yang sedang terjadi.

– Untuk menemukan teknik baru untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan.

– Sebagai dasar pengambilan keputusan yang efektif

– Untuk melakukan kontrol dan evaluasi terhadap suatu barang atau fenomena.

– Untuk mengetahui perkembangan suatu peristiwa

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk mengetahui apakah suatu teks termasuk ke dalam laporan hasil observasi adalah dengan mengidentifikasi ciri-ciri yang dimiliki oleh LHO, yang meliputi:

1. Sifatnya universal, yakni hasil laporan observasi ini bersifat lebih luas dan objektif, sehingga laporan justru tidak fokus secara spesifik.

2. Objek Observasi Tunggal, yakni objek yang diamati ini adalah objek yang spesifik, meskipun hasil dari penulisannya nanti bersifat universal.

3. Fakta, yakni sumbernyanharus berdasarkan fakta yang ada di lapangan.

4. Lengkap, yakni ditulis secara lengkap dan sempurna dalam penulisannya.

5. Terbarukan atau Relevan, yakni laporan observasi harus mengangkat isu yang sedang hangat dibicarakan atau masih relevan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Bukan Opini, yakni harus berdasarkan penelitian dan bukan opini pribadi. Objek yang diobservasi ini harus jelas dan valid.

7. Berkesinambungan, yakni laporan hasil observasi harus memiliki keterkaitan antara satu kelas dengan sub kelas yang dilaporkan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan hasil observasi ini umumnya memiliki empat struktur dalam penulisannya, yaitu:

– Judul, yakni harus menggambarkan tentang informasi dari hasil observasi.

– Pernyataan Umum, yakni sebagai pembuka teks hasil observasi atau berada di paragraf pertama. Pernyataan umum ini berisi mengenai latar belakang atau asal usul dan juga penjelasan secara umum mengenai objek yang akan diobservasi.

– Deskripsi Bagian dan Manfaat, tujuannya penulisan deskripsi bagian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap para pembaca.

– Kesimpulan, yakni bagian terakhir dari hasil teks observasi yang berisi mengenai garis besar atau inti dari hasil laporan observasi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bentuk Singkat

Daur Ulang Sampah

Kehidupan sehari-hari kita tidak pernah bisa lepas dari aktivitas-aktivitas yang menghasilkan sampah. Sampah adalah barang-barang yang dianggap sudah tidak memiliki nilai guna bagi seseorang. Sebab masing-masing orang yang ada di dunia ini membuang sampah, alhasil sampah menjadi membludak dan menjadi salah satu permasalahan bagi masyarakat modern.

Salah satu solusi yang sering ditawarkan untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut ialah daur ulang sampah. Daur ulang ini merupakan proses memanfaatkan lagi sampah sehingga kembali memiliki nilai guna.

Daur ulang sampah menjadi hal yang krusial bagi kehidupan kita, karena walaupun kita sudah taat membuang sampah pada tempatnya, tapi tetap saja akhirnya akan tetap terkumpul di tempat pembuangan sampah akhir.

Tempat pembuangan sampah akhir itu umumnya akan membuat lingkungan menjadi kumuh atau kotor dan juga mengeluarkan bau yang mencemari udara. Padahal, sebenarnya sampah yang kita buang itu pasti masih mempunyai kesempatan untuk kembali memiliki nilai guna.

Caranya adalah memberlakukan sisa sampah dengan benar, yaitu dengan daur ulang. Misalnya seperti diubah Menjadi sumber energi atau menjadi barang-barang yang bisa gunakan ulang.

Selain bisa digunakan kembali, daur ulang juga bisa mengurangi polusi udara dan bahkan air yang diakibatkan oleh sampah yang telah dibuang.

Polusi tersebut bisa disebabkan karena penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir. Oleh sebab itu, pemanfaatan daur ulang sampah bisa membuat lingkungan kita lebih baik dan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan bencana alam.

Demikian ulasan mengenai apa pengertian laporan hasil observasi, fungsi, struktur hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.