Cara dan Tempat Tukar Uang Baru Emisi 2022

Pelayananpublik.id- Uang baru emisi 2022 telah resmi diluncurkan ke tengah masyarakat pada Kamis (18/8) di seluruh kantor wilayah Bank Indonesia (BI) seluruh Indonesia.

Adapun yang diluncurkan adalah pecahan uang kertas Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Masyarakat pun sudah biaa menukarkan uang kertas lama dengan uang kertas tahun emisi 2022.

Adapun cara menukar uang tersebut bisa dengan mengakses aplikasi Pintar di pintar.bi.go.id.

Selain itu, bisa mendatangi acara festival Rupiah berdaulat Indonesia pada tanggal 19-21 Agustus 2022 di Hall Basket Gelora Bung Karno yang diselenggarakan Bank Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan, ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat Republik Indonesia.

“Dengan resmi meluncurkan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi tahun 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI,” kata Perry, dalam peluncuran uang rupiah kertas tahun emisi 2022, Kamis (18/8).

Perry menjelaskan, sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah. “Mari kita terus kobarkan optimisme semangat kebangsaan dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat melalui BI.

Caranya dengan daftar di aplikasi Pintar dan langsung menukar ke gedung BI. Namun, ada batasan penukaran yang ditetapkan, seperti saat mendapatkan uang Rp75 ribu, edisi peringatan kemerdekaan RI ke-75 lalu.

“Saat ini penukaran di BI saja (sementara ini), maksimal penukaran Rp1 juta. Ini bisa dilakukan di aplikasi pintar atau datang langsung ke BI,” ujarnya dalam media briefing, Kamis (18/8).

Sementara itu, untuk penukaran di perbankan bisa mulai dilakukan Jumat (19/8). Karena BI mulai menyalurkan secara merata ke perbankan di tanah air mulai hari ini, setelah diluncurkan secara resmi.

Meski demikian, stok yang dimiliki perbankan masih terbatas, karena baru mulai dikirim hari ini. Sebab, ini adalah tahap awal untuk pengenalan ke masyarakat.

“Di perbankan bisa sesuai ketersediaan mereka, apakah satu pak atau dua pak,” kata dia.

Selanjutnya, penukaran uang emisi baru bisa dilakukan pada akhir pekan ini kepada BI. Sama dengan di perbankan, namun tanpa batasan.

“Kalau nggak sabar, Jumat, Sabtu dan Minggu bisa datang ke GBK Hall Basket Indoor. BI akan hadir disana dan masyarakat bisa menukarkan uang di sana,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.