BKN Ingatkan Masyarakat Waspada Surat Palsu Penetapan NIP CPNS

Pelayananpublik.id- Masyarakat diminta untuk mewaspadai penipuan berkedok Surat Penyampaian Persetujuan Nomor Identitas PNS atau NIP CPNS.

Sebab saat ini beredar Surat penyampaian NIP CPNS yang ternyata hoaks. Sehingga masyarakat diminta untuk tidak mempercayai informasi tersebut.

“Hai #SobatBKN waspada ya terhadap Surat Penyampaian Persetujuan NI PPPK Palsu alias Hoaks seperti ini,” tulis keterangan Instagram @bkngoidofficial.

Dijelaskan juga bahwa penyampaian surat tersebut sudah berbasis elektronik, tidak lagi secara fisik surat menyurat seperti yang saat ini tersebar. Artinya surat NIP CPNS tersebut palsu.

“Perlu #SobatBKN ketahui kalau penyampaian Surat Penetapan NIP ASN (CPNS & PPPK) yang dilakukan BKN kepada instansi pemerintah lainnya sudah melalui proses elektronik,” tulis BKN.

Selain itu sebagai informasi, menurut data per 5 Agustus 2022, tercatat ada sebanyak 111.997 NIP yang diterbitkan BKN. Jumlah itu bertambah 5 nomor identitas dari sebelumnya sebanyak 111.992 NIP CPNS 2021 per akhir Juli 2022.

Data terbaru ini juga disampaikan BKN melalui seluruh akun media sosialnya, seperti Instagram, Twitter hingga Facebook. Peserta juga dapat mengecek update penerbitan NIP setiap pekannya melalui link https://s.id/UpdateNIP_ NIP3K2021.

Merujuk data terbaru BKN, Jumat (5/8), total ada sebanyak 90 CPNS dari berbagai instansi yang mengundurkan diri. Sementara dari total 112.512 peserta seleksi CPNS 2021 yang lolos tes, sebanyak 112.068 diantaranya melakukan pengisian DRH.

Adapun total usul masuk pengajuan NIP yang dilakukan 491 instansi pusat dan daerah yakni sebanyak 112.030. Namun hingga 8 Agustus 2022, baru 111.997 NIP yang telah diterbitkan.

Dengan catatan, belum tentu seluruh CPNS yang berhak mendapat NIP tersebut bisa langsung mendapatkannya. Pasalnya, BKN mencatat masih ada 7 usul masuk NIP dari seluruh instansi yang perlu proses pembetulan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.