Pengertian Wisata Menurut Ahli dan Secara Umum, Ciri, Jenis dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Wisata adalah salahsatu kata yang sangat sering terdengar di tengah masyarakat. Selain itu banyak orang yang melakukan wisata setiap bulan, pekan dan hari tertentu khususnya liburan.

Zaman sekarang wisata juga sering disebut dengan istilah ‘healing’. Artinya melakukan wisata agar memulihkan pikiran, hati agar setelahnya bisa bersemangat lagi.

Nah, jika seseorang sudah merasa terlalu penat dengan pekerjaannya sehari-hari, maka biasanya dia akan diajak healing. Yakni pergi ke suatu tempat untuk menyegarkan pikiran, itulah yang dinamakan wisata.

Wisata juga bukan berarti harus bepergian jauh, wisata bisa dilakukan di tempat yang tak jauh dari tempat tinggal atau kantor yang bersangkutan. Contohnya adalah ke taman kota, atau ke pusat kuliner di dekat kantor.

Berbicara soal wisata, tentu ada banyak sekali destinasi yang ada di Indonesia. Ada banyak jenis wisata mulai dari yang sederhana hingga super duper mevvah. Namun sebelum membahas itu, mari simak dulu apa pengertian wisata.

Pengertian Wisata

Secara umum pengertian wisata adalah perjalanan yang dilakukan individu atau kelompok dengan tujuan menyenangkan diri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian wisata adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh orang atau kelompok orang yaitu dengan bepergian bersama-sama dengan tujuan memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan lain sebagainya.

Menurut Undang-Undang, pariwisata adalah segala macam kegiatan wisata yang dilayani oleh pemerintah, masyarakat, atau pengusaha beserta dengan fasilitasnya.

Pengertian Wisata Menurut Ahli

– World Tourism Organization (WTO) menyebut pengertian wisata adalah aktivitas seseorang yang melakukan sebuah perjalanan dan tinggal selama beberapa saat di tempat yang bukan tempat tinggalnya.

– Pengertian wisata menurut Koen Meyers (2009) adalah sebuah kegiatan yang berupa perjalanan sementara waktu yang dilakukan seseorang di luar tempat tinggalnya. Orang yang melakukan liburan ingin memenuhi rasa ingin tahunya mengenai tempat yang dituju, menghabiskan waktu liburan, atau aktivitas menghabiskan kekayaan.

– Robert McIntosh mengatakan pengertian pariwisata adalah gabungan dari interaksi antara pemerintah selaku tuan rumah pariwisata, bisnis, dan wisatawan.

Tujuan Wisata

Bagi Wisatawan

1. Mendapatkan kesenangan dan suka cita dari perjalanan tersebut.

2. Menikmati pemandangan berbeda di tempat wisata sebagai penyeimbang pemandangan monoton yang dirasakan sehari-hari.

3. Mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru terkait tempat wisata yang dikunjungi.

Bagi Tempat Wisata

1. Meningkatkan perekonomian daerah

2. Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar tempat wisata

Jenis Wisata

Berdasarkan Letak Geografis

– Lokal : Wisata dalam negeri misalnya warga Medan berwisata ke Gundaling Berastagi.

– Regional: Wisata yang dilakukan ke provinsi lain atau bahkan lain pulau. Contoh: Warga Medan berwisata ke Bali, Labuan Bajo dan lainnya.

– Internasional: Wisata internasional adalah jenis kegiatan wisata yang dilakukan dengan ruang lingkup lebih luas lagi. Ini dilakukan dengan mengunjungi berbagai objek wisata di luar negeri dan seluruh dunia. Contohnya Warga Medan berwisata ke Pulau Pipi Thailand.

Berdasarkan Alasan atau Tujuan

– Bisnis: Perjalanan ini didominasi oleh tujuan bekerja atau bisa dikatakan sebagaiĀ  perjalanan bisnis. Misalnya pembukaan cabang baru di luar kota.

– Liburan: Perjalanan yang dilakukan khusus untuk menenangkan dan menyenangkan diri. Contohnya seorang karyawan mengambil cuti lalu pergi berlibur ke Bali.

– Pendidikan: Biasanya dilakukan oleh murid-murid sekolah dengan tujuan untuk menambah informasi mengenai tempat tertentu. Contoh study tour ke museum, kebun binatang dan lainnya.

Berdasarkan Tempat Dikunjungi

– Wisata Alam: Contohnya pegunungan, laut, danau bukit, air terjun dan lain sebagainya. Orang-orang yang mencintai alam biasanya lebih memilih wisata alam dari pada pergi ke wahana-wahana permainan buatan manusia.

– Wisata Budaya: Perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk menikmati suguhan budaya di tempat tujuan. Contohnya menyaksikan lompat batu Nias, melihat situs budaya Sigale-gale di Samosir, melihat festival Ogoh-ogoh di Lombok.

– Wisata Pendidikan: Contohnya mengunjungi sebuah kebun budidaya ikan, mengunjungi tempat penangkaran hewan tertentu dan lain sebagainya.

– Wisata Bahari: Wisata untuk menikmati keindahan laut, baik di permukaan atau di dalam laut. Contohnya snorkeling, surfing dan lainnya.

– Wisata Sejarah: Mempelajari perjalanan sejarah dan semua kejadian yang ada di masa lampau. Contohnya berkunjung ke Museum Bung Karno di Berastagi.

– Wisata Kuliner: Wisata untuk mencicipi berbagai makanan khas daerah tertentu. Misalnya perjalanan di pusat kuliner Medan.

– Wisata Religi: Perjalanan wisata ke tempat-tempat tertentu yang memiliki kaitan erat dengan hati dan jiwa. Contohnya ke Masjid Agung, Katedral, ke Pura Bali.

Demikian ulasan mengenai pengertian wisata, tujuan, jenis hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.