Gejala Covid-19 yang Biasa Muncul di Pagi Hari

Pelayananpublik.id- Covid-19 masih menghantui masyarakat dunia. Apalagi varian baru yang kian beragam dan memberi gejala yang beragam pula.

Namun begitu, sebagian orang bahkan tidak sadar saat dia terkena Covid-19, dan menganggapnya penyakit biasa. Padahal ada beberapa tanda yang biasa muncul di pagi hari dan itu menandakan Covid-19.

Professor Tim Spector, kepala Studi Kesehatan ZOE mengatakan gejala pertama yang sering muncul pada pagi hari adalah perasaan lelah setelah bangun tidur.

Melansir Express, ZOE menjelaskan tipe kelelahan pada mereka yang terinfeksi virus. Jenisnya ekstrem dan dapat mempengaruhi aktivitas seseorang sehari-hari dan muncul bahkan saat melakukan tugas kecil.

“Ini adalah jenis kelelahan ekstrem atau perasaan terhapus yang tetap ada meski sudah beristirahat atau tidur nyenyak,” jelas ZOE.

“Rasanya sulit untuk menaiki tangga, melakukan pekerjaan normal atau bahkan bangun dari tempat tidur”.

Kelelahan juga mengakibatkan konsentrasi atau mengingat sesuatu menjadi terhambat, ini biasanya digambarkan sebagai ‘kabut otak’.

Selain itu gejala lain adalah sakit tenggorokan pada pagi hari.

“Gejalanya hampir sama kecuali umumnya lebih lelah dan sakit tenggorokan, jadi sebaiknya anggap itu Covid” katanya dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (5/8/2022).

Jika merasakan dua gejala itu, professor Spector mengatakan segera lakukan tes Covid-19. Namun apabila tidak bisa tes, menjauhlah lebih dulu dari orang lain hingga merasa lebih baik.

Sebelumnya, dia juga menyatakan varian baru BA.4 dan BA.5 bekerja menghindari pertahanan. Inilah yang membuat virus tersebut membuat lonjakan kasus.

“Studi baru menunjukkan varian BA.4 dan BA.5 baru bekerja dengan menghindari pertahanan kekebalan yang ada dan juga menetralkan beberapa dari mereka. Tidak mengherankan begitu sukses karena kasus Inggris melonjak ke tingkat rekor”. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.