Suka Baca Komik Online, Ini 3 Situs Manhwa Legal Korea Selatan

Pelayananpublik.id- Komik online semakin digemari di era digital seperti sekarang ini. Selain itu, komik juga memiliki range pembaca sendiri mulai dari komik untuk anak, remaja, dewasa hinga 21+.

Dari itu, ada banyak sekali situs-situs komik online yang bertebaran di internet mulai dari yang legal, hingga ilegal.

Untuk sekarang ini, selain komik Jepang, komik Korea Selatan juga sangat digemari. Mereka menyebutnya dengan istilah manhwa.

hari jadi pelayanan publik

Saat ini, ada beberapa situs manhwa yang bisa diakses jika ingin membaca komik asal Korea Selatan itu. Biasanya, episode baru akan diterbitkan per minggu.

Berikut beberapa situs manhwa dengan sub Indo yang bisa diakses untuk pencinta komik Korea tersebut.

1. Webtoon

Webtoon adalah situs web baca komik manhwa yang diluncurkan Naver Corporation di Korea Selatan sejak 2004.

Layanan komik dalam portal digital ini dikenal dengan Naver Webtoon di negara asalnya, namun lebih dikenal sebagai Webtoon saja di Indonesia dan negara-negara pemasaran lain, seperti Inggris, Jerman, sampai Thailand.

Mulanya, Webtoon menampilkan manhwa asli Korea Selatan. Namun sejak memutuskan akan memasarkan sejak internasional, perusahaan tidak hanya menampilkan manhwa asli Korea Selatan, tapi juga lokal di negara pemasaran.

Webtoons bisa diakses di https://www.webtoons.com. Saat masuk ke situs ini, kamu bisa memilih serial manhwa mana yang ingin dibaca.

2. KakaoPage

Selain webtoon, Anda juga bisa membaca komik di Kakaopage yang merupakan situs manhwa yang diluncurkan oleh Kakao Corp pada 2013. Layanan ini sebenarnya tidak hanya berisi manhwa, namun juga konten digital berbagai merek dan kreator.

Di sana, setiap orang bisa membuat konten dan mengunggahnya di situs ini. Karyanya juga bisa dijual secara langsung ke konsumen dengan sistem bagi hasil 30 persen untuk Google Play, 20 persen untuk Kakao, dan 50 persen untuk penerbit konten.

Sampai September 2019, setidaknya sudah lebih dari 66 ribu konten yang ada di KakaoPage, termasuk yang merupakan manhwa. Sementara anggota atau penggunanya mencapai 22 juta.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara pemasaran manhwa di KakaoPage. Komik-komik itu pun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Namun mulai 2020, KakaoPage Indonesia yang resmi meluncur di pasar dalam negeri, hanya menyediakan manhwa Korea dengan tampilan aplikasi yang menyerupai KakaoPage Korea.

KakaoPage bisa diakses di https://kakaopage.co.id. Seperti halnya Webtoon, kamu bisa memilih serial manhwa yang ingin dibaca.

3. Tapas

Tapas berdiri sejak April 2016 sejak menggantikan Tapastic. Ini merupakan situs manhwa milik Tapas Media, perusahaan milik Kakao Entertainment.

Sampai Februari 2021, Tapas memiliki lebih dari 61 ribu kreator komik dan novel di situs mereka. Sebagian besar mencapai 80 persen merupakan komik.

Uniknya, 63 persen kreator di Tapas merupakan perempuan. Mayoritas pembacanya juga perempuan berusia 18-24 tahun.

Di Tapas, ada berbagai genre komik yang bisa dibaca. Namun, mayoritas merupakan genre romansa dan fantasi.

Kendati begitu, tidak semua komik di situs ini bisa dibaca secara gratis oleh pembaca. Sebab, Tapas menerapkan model freemium alias ada yang free (gratis) dan premium (berbayar).

Biasanya, episode pertama tersedia secara gratis, namun episode selanjutnya berbayar. Kamu bisa memilih serial yang ingin dibaca berdasarkan genre, rekomendasi Tapas, paling populer atau banyak dibaca pembaca lain, hingga mencari secara langsung berdasarkan judul.

Situs manhwa ini juga memberikan serial komik berdasarkan buatan kreator di manajemen Tapas alias Tapas originals. Akses situs ini di tapas.io. (*)