Cloudflare Down, Situs Besar Tumbang Termasuk Discord, Valorant Dkk

Pelayananpublik.id- Layanan Cloudflare pada Selasa (21/6/2022) dilaporkan mengalami gangguan.

Akibatnya, semua situs besar di seluruh dunia ikut terganggu.

Para pengguna aplikasi dan layanan populer di internet menyampaikan keluh kesah akibat tumbangnya sejumlah media sosial.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Di Twitter bahkan Cloudflare menjadi trending topic dengan 120 ribu tweet diikuti Discord dengan 917 ribu tweet dikutip dari detikINET, Selasa (21/6/2022).

Terkait itu Cloudflare pun memberikan keterangan resmi di akun Twitter mereka.

“Tim Cloudflare mengetahui masalah layanan saat ini dan sedang bekerja untuk memperbaikinya secepat mungkin. Update bisa dipantau di sini,” kata mereka.

Cloudfare mengatakan sudah menemukan masalahnya dimana dan melakukan perbaikan. Sekitar pukul 15.00 WIB mereka mengatakan masalah berhasil ditangani.

Diberitakan TechCrunch, Cloudflare merupakan perusahaan infrastruktur internet. Gangguan terhadapnya otomatis berarti gangguan terhadap web dan aplikasi populer.

Sementara itu, secara global, daftar website dan aplikasi yang terdampak adalah: Discord, game Valorant, FTX, Omegle, DoorDash, Crunchyroll, NordVPN, Feedly, Zerodha, Medium.com, situs berita Register, Groww, Buffer, iSpirt, Upstox, Social Blade, Coinbase, Shopify, dan game League of Legends.

Direktur teknologi CloudFlare, John Graham-Cumming mengatakan banyak tempat terkena dampak dari layanan CloudFlare yang tumbang. Namun, gangguan ini tidak sampai seluruh dunia.

Sementara itu, sebagian layanan yang tumbang adalah terkait dengan jual beli kripto seperti FTX, Bitfinex dan OKX. Akibatnya, kegiatan jual beli kripto sempat terganggu selama 2 jam. (*)