Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat QR Code

Pelayananpublik.id- Bank Sumut bekerjasama dengan Tim Pembina Samsat terdiri dari BP2RD Provinsi Sumatera Utara, Dirlantas Polda Sumatera Utara dan Jasa Raharja meluncurkan kemudahan layanan pembayaran Samsat seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) BBNKB, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) melalui aplikasi QR Code atau QRIS QREN.

Acara launching layanan tersebut digelar Senin (13/6) di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan.

Hadir pada launching layanan tersebut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Ketua Komisi C DPRD Sumatera Utara Poaradda Nababan, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan, Kepala BP2RD Provsu Achmad Fadly, Dirlantas Polda Sumatera Utara Indra Darmawan, Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut Tamrin Silalahi. Turut hadir juga Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi dan Direktur Pengawasan LJK OJK Regional 5 Sumatera Untung Santoso.

Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan dalam sambutannya menjelaskan Penggunaan metode Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) untuk pembayaran Samsat Merupakan dukungan Bank Sumut untuk mewujudkan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda, cashless society atau budaya transaksi non tunai serta digitalisasi produk dan layanan Bank Sumut.

“Saat ini penggunaan QRIS untuk pembayaran Samsat di Provinsi Sumatera Utara telah dapat dilakukan di 18 UPT Samsat dari 32 UPT yang direncanakan. Pelaksanaan implementasi tersebut akan dilakukan secara bertahap untuk memudahkan evaluasi dan monitoring awal,” jelas Rahmat.

Ia juga menjelaskan Bank Sumut juga telah mengembangkan digitalisasi produk dan layanan sehingga pembayaran pajak daerah kini tidak hanya dapat dilakukan melalui unit kantor namun juga melalui ATM, Jaringan Sumut Link dan Sumut Mobile.

Selain itu dapat pula melalui Fintech yang bekerjasama dengan Gopay, OVO, LinkAja, Traveloka, Blibli dan Tokopedia, melalui kantor pos bahkan melalui gerai ritel modern lainnya seperti Indomaret, Alfamidi dan Alfamart melalui sistem Host to Host yang telah dikembangkan oleh Bank Sumut.

“Kiranya implementasi penggunaan QRIS untuk pembayaran SAMSAT ini dapat memudahkan serta meningkatkan antusias masyarakat untuk membayar pajak sehingga akan meningkatkan potensi pendapatan daerah” ujarnya lagi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyambut baik penggunaan QRIS QREN untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pajak lainnya tersebut.

Gubsu mengatakan pembangunan Sumatera Utara membutuhkan dana yang bersumber dari pembayaran pajak warganya. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya kemudahan yang diberikan dalam pembayaran pajak diharapkan dapat meningkatkan lagi target penerimaan pajak terutama dari pajak-pajak kendaraan bermotor tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.