Kemenlu RI Kecam 2 Politikus India yang Ejek Nabi Muhammad

Pelayananpublik.id- Sentimen politik rasisme di India semakin panas. Oknum politisi India pun melakukan perbuatan menyudutkan Islam dimana saat ini ketegangan antara Hindu-Islam masih berlangsung.

Nupur Sharma, juru bicara partai BJP, diskors setelah mengucapkan pernyataan yang dinilai mengejek Nabi Muhammad dalam debat televisi. Ia kemudian diskors pada Minggu (5/6) karena melakukan tindakan itu.

Sementara itu, operator media partai BJP Naveen Kumar Jindal dikeluarkan karena pengejekan terhadap Nabi Muhammad.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Merespons tindakan kedua politikus itu, partai BJP menegaskan mereka menghargai seluruh agama dan sangat menolak penghinaan terkait agama dalam bentuk apapun, dikutip dari Al-Jazeera.

Terkait itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengecam dua politikus India karena dilaporkan mengejek Nabi Muhammad SAW, Senin (6/6/2022).

“Indonesia sangat mengecam pernyataan penghinaan yang tak dapat diterima terhadap Nabi Muhammad SAW oleh dua politisi India,” demikian pernyataan Kemlu RI dalam Twitter mereka, Senin (6/6).

Kemlu juga mengaku telah menyampaikan pesan tersebut kepada duta besar India di Jakarta.

Selain Kemlu, Arab Saudi juga mengecam penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

“Kementerian Luar Negeri [Arab Saudi] mengungkapkan kecaman atas pernyataan yang diungkapkan oleh juru bicara partai Bharatiya Janata [BJP], mengejek Nabi Muhammad, perdamaian dan berkat atasnya, dan menegaskan kembali penolakan permanen atas simbol agama Islam berdasarkan prasangka, pun seluruh figur dan simbol keagamaan,” demikian laporan dari media pemerintah Saudi, SPA, dikutip dari Al-Arabiya. (*)