Kartu Prakerja Gelombang 31 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Pelayananpublik.id- Pendaftaran program Kartu Prakerja kembali dibuka untuk gelombang ke-31.

Adapun dikutip dari Instagram resmi @prakerja.go.id, gelombang 31 sudah dibuka pada Sabtu (28/5/2022).

“Yuk yuk yuk langsung klik ‘Gabung Gelombang’ di dashboard kamu! Buat yang belum beruntung gas langsung daftar,” tulis akun tersebut, dikutip Senin (30/5/2022).

Seperti diketahui, Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan masyarakat Indonesia.

Program tersebut memberikan bantuan berupa biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yangterkenara pemutusan hubungan kerja (PHK), atau yang sedang membutuhkan kompetensi kerja.

Dikutip dari prakerja.go.id, program Kartu Prakerja ramah difabel. Bahkan, para difabel dianjurkan untuk mengikuti program ini.

Adapun Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

Jika ingin mengikuti program Kartu Prakerja, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah syaratnya.

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika ingin mengikuti program Kartu Prakerja, maka harus mendaftar dahulu. Pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan melalui tautan dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Setelah klik tautan tersebut, selanjutnya Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar Kartu Prakerja.

1. Masukkan email aktif dan kata sandi yang mudah diingat

2. Klik ‘Daftar’

3. Buka email dari Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi

4. Akun Anda sudah terdaftar di Kartu Prakerja

Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi KTP. Pastikan data-data yang Anda masukkan benar. Kamu juga nantinya akan diminta foto selfie dan melakukan verifikasi kembali lewat SMS.

Jika proses tersebut selesai, Anda akan melakukan tes seperti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Lalu pilih gelombang Kartu Prakerja.

Peserta yang diterima Kartu Prakerja akan mengikuti berbagai pelatihan kompetensi kerja. Peserta juga akan mendapatkan intensif Rp600.000 per bulan selama 4 bulan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.