Deretan Negara di Dunia yang Tidak Miliki Kekuatan Militer

Pelayananpublik.id- Perang antara Rusia dan Ukraina membuat berbagai pihak miris sekaligus waspada menghadapi konflik yang mungkin ditimbulkan oleh perang tersebut.

Sebagaimana yang diketahui masing-masing negara di dunia memiliki pertahanan militer masing-masing demi mempertahankan wilayahnya.

Namun ternyata tidak semua negara punya kekuatan militer.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Berikut ini adalah 10 negara yang tak memiliki kekuatan militer seperti yang dilansir dari Insider, Kamis (12/5/2022).

1. Islandia

Meskipun Islandia adalah anggota NATO, mereka tidak memiliki kekuatan militer secara permanen. Dalam hal ini NATO bertanggung jawab atas pertahanan Islandia.

Sejak 2006, semua pasukan AS telah ditarik dari Islandia dan Islandia berpartisipasi dalam misi perdamaian internasional dengan unit manajemen krisis Islandia sipil.

2. Monaco

Sebagai negara terkecil kedua di dunia, tentunya Monaco tidak mempunyai kekuatan militer. Sebagai gantinya Prancis bertanggung jawab atas pertahanan negaranya. Monaco ini terletak di pantai Mediterania Prancis dan dikenal sebagai surga pajak. Negara ini memiliki luas hanya 0,78 mil persegi yang membuatnya memiliki julukan negara terkecil kedua didunua dengan, memiliki total 31.000 penduduk.

3. Panama

Negara Amerika Tengah, Panama, menghapus militernya pada tahun 1990, lalu sebagai gantinya menciptakan Pasukan Publik Panama dan Sejak 1994 konstitusi Panama telah melarang pembentukan militer tetap. Pasukan Publik Panama ini terdiri dari kepolisian nasional, layanan penerbangan nasional dan layanan perbatasan.

4. Andorra

Negara ini terletak antara Prancis dan Spanyol yang memiliki sekitar 85.000 penduduk. Lalu, karena kedekatannya dengan Spanyol dan Prancis menjadikan mereka memiliki tanggung jawab untuk melindungi negara ini. Selain itu, Andorra memiliki polisi yang disebut dengan Cos De Policia untuk keamanan mereka.

5. Kosta Rika

Kosta Rika merupakan negara yang tidak mempunyai militer sejak 1949. Negara ini disebut sebagai “Swiss Amerika Tengah” karena telah memproklamirkan kenentralannya pada 1983. Walaupun seperti itu, Kosta Rika tetap dilindungi Amerika Serikat untuk pertahanan negaranya.

6. Grenada

Grenada adalah sebuah negara di bagian utara Antillen Kecil di Laut Karibia. Sejak invasi AS ke Grenada pada tahun 1983, negara itu tidak lagi memiliki kekuatan militer sendiri. Namun, Grenada memiliki kepolisian bernama Royal Grenada Police Force, yang juga bertindak sebagai penjaga laut.

7. Dominica

Dominika adalah sebuah negara pulau yang berada di Lesser Antilles di Pasifik timur dan Dominika juga merupakan anggota Persemakmuran, persatuan beberapa negara berdaulat yang terdiri dari Britania Raya dan bekas koloninya. Dominika memiliki kepolisian bernama Commonwealth of Dominica Police Force, yang juga bertindak sebagai penjaga laut sama seperti Grenada.

8. Kiribati

Negara Kiribati ini merdeka sejak 1979 yang terletak di bagian barat Samudra Pasifik dan memiliki populasi 109.000 jiwa.
Kiribati, yang dulu disebut Kepulauan Gilbert memang tidak memiliki angkatan militer dan pembentukan militer dilarang dalam konstitusinya.

9. Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara bagian dan terkecil keenam di dunia. Meskipun negara itu tidak memiliki angkatan bersenjata militer, kepolisian nasionalnya bekerja sama erat dengan kekuatan militer negara-negara tetangga seperti Austria dan Swiss.

10. San Marino

San Marino merupakan negara republik tertua di dunja. Negara ini yang sepenuhnya dikelilingi oleh Italia, dalam pertahanannya San Marino tidak memiliki angkatan militer tetapi memiliki korps militer sukarela yang melakukan upacara dan dapat digunakan untuk mendukung polisi.

Dalam keadaan darurat, negara bagian berhak memanggil semua warga San Marino yang berusia antara 16 dan 60 tahun untuk bertugas. Namun, tanggung jawab untuk pertahanan mutlak ada pada Italia. (*)