Ukraina Minta Bantuan Senjata ke Indonesia, Bagaimana Respon Jokowi?

Pelayananpublik.id- Perang Rusia-Ukraina masih terus memanas. Ukraina sebagai negara kecil melawan negara adidaya Rusia tentu sangat kerepotan sehingga mereka meminta bantuan negara lain di dunia, termasuk Indonesia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy diketahui baru-baru ini berbincang dengan Presiden RI, Jokowi lewat telepon, Rabu, (27/4/2022).

Presiden Jokowi menyebutkan, dalam pembicaraan awal dengan Zelenskyy ia memperoleh update mengenai perkembangan situasi disana. Kemudian, dilanjutkan dengan permintaan bantuan persenjataan.

“Dalam pembicaraan itu dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangan resmi, Jumat (29/4/2022).

Mengenai permintaan persenjataan ini, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia tak dapat mengabulkan.

“Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat Konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar Negeri Indonesia, melarang pemberitaan bantuan persenjataan kepada negara lain,” jelasnya.

Daripada senjata, Jokowi menawarkan kepada Zelenskyy bantuan dalam bentuk lain. Juga Jokowi menyampaikan harapan agar perang bisa segera disudahi dengan cara damai.

“Namun saya menyampaikan kesiapan Indonesia dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Saya sampaikan mengenai harapan agar perang segera dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.