Arus Lalin Meningkat 52 Persen di Tol Trans Sumatra

Pelayananpublik.id- Setelah dua tahun dilarang, kini warga Indonesia sudah diizinkan untuk mudik Lebaran.

Arus mudik pun sudah terlihat di H-4 lebaran di beberapa tol yang ada.

Salahsatunya adalah Jalan Tol Trans Sumatra. Lalu lintas di jalan tol tersebut tercatat telah meningkat 52,58 persen pada mudik Lebaran 2022 jika dibandingkan dengan periode normal.

Menurut data PT Hutama Karya (Persero), ada sebanyak 8.000 kendaraan dari Pulau Jawa mulai memadati Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada Rabu (27/4/2022) malam melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

Jumlah tersebut diprediksi masih terus meningkat sampai dengan puncak arus mudik pada Jumat (29/4/2022).

Demikian dikatakan Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji.

Menurutnya, mayoritas kendaraan yang melintas rata-rata menuju arah Lampung via GT Kotabaru dan Palembang via GT Kayuagung Utama.

“Dari pantauan kami, mayoritas kendaraan yakni 6.970 atau sekitar 85 persen kendaraan keluar di Lampung lewat GT Kotabaru sedangkan sisanya menuju arah Palembang,” ujar Dwi dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Selain di Tol Lampung – Palembang, Hutama Karya juga mencatat sebanyak lebih dari 15.000 kendaraan telah melintas di JTTS pada H-5 lebaran.

Angka tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari 5 GT yakni GT Pekanbaru sebanyak 6.959 kendaraan, GT Binjai sebanyak 4.688, GT Indrapuri sebanyak 513 kendaraan, GT Bengkulu sebanyak 1.691 kendaraan, GT Bangkinang sebanyak 1.733 kendaraan.

Begitupun, Dwi mengatakan hingga saat ini belum terjadi kepadatan baik di gerbang tol maupun di jalan tol yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan tol selama masa mudik.

“Agar semua merasa aman dan nyaman, kami minta pemudik untuk mempersiapkan konsisi fisik pengemudi dan kendaraan. Pastikan juga saldo uang elektronik dan BBM cukup selama di perjalanan,” imbaunya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *