Bank Sumut Tarutung Sosialiasi QRIS/QREN ke Pelaku UMKM

Pelayananpublik.id- PT Bank Sumut Cabang Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara menggelar sosialisasi produk perbankan dan sekaligus menyerahan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), kepada pelaku UMKM, bertempat di Bhinneka Cafe Kecamatan Sipoholon, Selasa (26/4/2022).

Pimpinan Cabang Bank Sumut Tarutung, Robby M Sihaloho mengatakan, penerapan QRIS / QREN maka Bank Sumut melaksanakan sosialisasi, kepada kalangan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Taput binaan Dinas Koperasi.

“Inilah salah satu produk yang kita tawarkan kepada pelaku UMKM, sekarang kita sudah saling memiliki handphone, apalagi kita sudah memiliki aplikasi Sumut Mobile dan sudah bisa bertransaksi pembayaran,” ujar Robby.

Ia mengatakan dengan adanya aplikasi Sumut Mobile maka nasabah sudah bisa bertransaksi pembayaran apa saja.

“Seperti pembayaran BPJS, pajak bermotor dan lainnya, kita tidak lagi perlu datang ke kantor cukup melalu aplikasi Sumut Mobile saja,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, sosialisasi ini terkait kebijakan sistem pembayaran terkini, uang elektronik dan QRIS’ yang bertujuan untuk edukasi bagi pelaku UMKM terkait sistem pembayaran melalui QRIS, sistem digital upaya membangkitkan perekonomian di Sumut khususnya di Kabupaten Taput.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Taput Herli Sinaga menyampaikan sebanyak 50 orang pelaku UMKM yang hadir untuk mengikuti sosialisasi ini.

“Para pelaku UMKM yang hadir kita harapkan dapat mengikuti sosialisasi ini guna mendorong perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakab produk kekinian dari pihak Bank Sumut seperti QRIS, ini dapat menjadi alat transaksi pembayaran apa saja.

“Melihat zaman semakin maju ini dapat di Implementasikan dalam keseharian melalui transaksi mengunakan uang tunai menjadi non tunai dan harus memiliki tabungan di bank Sumut,” ucapnya lagi.

Sedangkan Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora. SE. MM mengatakan, seiring perubahan zaman yang semakin berkembang, termasuk dalam hal bertransaksi. gawai dan internet kini menjadi pilihan para pelaku usaha dalam melakukan transaksi dengan konsumennya. termasuk dalam kemudahan bertransaksi

“Diharapkan para pelaku UMKM di Tapanuli Utara menerima dengan pintu terbuka kepada pihak bank sumut yang hadir pada hari ini untuk mewujudkan kemudahan bertransaksi tersebut dengan hadirnya produk perbankan bank sumut terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Taput,” ujarnya.

Satika juga berharap para UMKM yang hadir pada saat itu nantinya jadi pelopor UMKM di Taput.

“Kalau bukan kita yang membesarkan siapa lagi, maka itu mari promosikan, pelan pelan semua akan baik, belajar untuk saling bekerjasama, supaya semua sama sama maju, kita harus belajar menekan perasaan tetap rendah hati, pintar pintarlah promosikan produknya dengan kepercayaan dan kejujuran yang utama, dewasalah bekerja dan dewasa berkreatifitas,” pungkasnya.

Diakhir acara, Bank Sumut memberikan Souvernir dari Bank Sumut pusat kepada Ketua Dekranasda, juga penyerahan secara simbolis barcode QRIS / QREN kepada pelaku UMKM.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *