Pengertian DHCP, Fungsi, Hingga Cara Kerjanya

Pelayananpublik.id- Dalam mempelajari ilmu pemrograman komputer, Anda tentu akan belajar mengenal bermacam istilah. Salahsatunya adalah DHCP.

DHCP adalan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol yang merupakan protokol yang berbasis client atau server untuk dipakai pada pengalokasian IP Address di satu jaringan dengan lebih mudah.

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenaik DHCP, maka Anda harus pahami dulu apa itu server atau peladen.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Server adalah sistem dalam komputer yang mempunyai layanan khusus untuk menyimpan data.

Jenis informasi yang disimpan dalam server sangat beragam, jenis dokumennya pun cukup kompleks. Layanan ini diberikan kepada klien yang membutuhkan informasi untuk disampaikan kembali kepada pengunjungnya.

Nah, jadi dimana peran DHCP itu sendiri?

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa DHCP adalah protokol yang berbasis client atau server untuk dipakai pada pengalokasian IP Address di satu jaringan dengan lebih mudah.

Tentu bakal sangat merepotkan jika Anda melakukan pengaturan alamat IP dengan cara manual, sehingga Anda butuh DHCP agar otomatis terhubung.

Jenis Server

1. Server Platform, yakni perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server.

2. Server Aplikasi, yakni server yang berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.

3. Server Audio / Video, yakni server yang menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.

4. Chat Server, yakni server yang menangani chatting beberapa user.

5.Fax Server, yakni server yang memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melalui jaringan komputer

6. FTP Server, yakniFile Transfer Protocol Server untuk transfer data, dari atau ke client

7. Groupware Server, yakni peladen memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.

8. IRC Server, yakni server yang memungkinkan user untuk berdiskusi lewat jaringan

9. List Server, yakni sever yang berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.

10. Mail Server, yakni Server yang bertugas untuk menangani e-mail

11 News Server, yakni sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.

12.Proxy Server, yakni bertindak sebagai mediator antara client dan server di luar jaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.

13. Telnet Server, yakni server yang memungkinkan oengguna log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.

14. Virtual Server, yakni untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah ada beberapa server.

15. Web Server, yakni konten ke web browser, Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Fungsi

– Melakukan alokasi data yang ada. Hal ini dilakukan melalui sistem terdistribusi yang menyangkut IP Address yang dimiliki oleh server bisa diterima dengan baik dan melakukan otomatisasi dari DHCP Server, tentu saja ini bisa menghemat tenaga dalam waktu singkat.

– Fungsi ini tentu bisa berjalan dengan maksimal bila digunakan oleh network administrator untuk melakukan pengelolaan jaringan komputer serta alamat IP address yang bisa dilakukan secara otomatis, selain itu ia juga bisa mempercepat kinerja dari komputer client atau pelanggan saat dalam proses pengelolaan dan pengiriman data yang ada.

Cara kerja DHCP Server

IP Least Request

Hal ini merupakan kejadian di mana pengguna meminta alamat IP langsung kepada server.

IP Least Offer

Server memiliki list dan rilis serta ditawarkan langsung kepada komputer client.

IP Lease Selection

Klien akan melakukan survei kecil-kecilan terhadap penawaran yang pertama kali diberikan oleh DHCP, setelah adanya pilihan client akan memberikan broadcast yang berisi pesan bahwa client setuju dengan penawaran yang sudah dinegosiasikan dulu dan ditawarkan oleh server.

IP Lease Acknowledge

Pada bagian ini tahapan yang terjadi berupa pesan yang diterima oleh DHCP Server, pesan ini dikirim oleh client dan akan dibalas oleh server secara bertahap. Dalam DHCP Server beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan fitur mikrotik, MikroTik merupakan router yang memiliki fitur yang sangat lengkap, mudah dikonfigurasi dan tentunya harganya yang cukup murah. Walaupun ada juga MikroTik yang harganya tinggi, tetapi itu semua kembali lagi kepada kepentingan, keperluan, dan kebutuhan kita, MikroTik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan perangkat lunak pada jaringan komputer.

Demikian ulasan mengenai pengertian DHCP, Fungsi, hingga cara kerjanya. semoga bermanfaat. (*)

(*)