Mencegah Orang Kirim WA ke Kita Tanpa Harus Blokir, Ini Caranya

Pelayananpublik.id- WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling populer saat ini di tengah masyarakat. Bahkan aplikasi tersebut menjadi platform komunikasi dengan semua kenalan, kolega, keluarga dan lainnya.

Akibatnya terkadang ada saja pesan atau chat dari orang yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan. Namun kadang pengguna terlalu segan untuk memblokirnya, sebab bisa dicap sebagai orang sombong.

Ternyata ada cara agar kita tidak lagi melihat chat orang tanpa memblokir kontak tersebut.

hari jadi pelayanan publik

Jika Anda enggan menerima chat dari pengguna lagi, cukup menggunakan fitur arsip.

Jadi, intinya dalam fitur arsip ini, pengguna dapat membuat chat kontak dalam keadaan diarsipkan dan mute. Fitur ini bersifat opsional jadi dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Fitur ini sendiri telah melakukan uji coba pada April 2019 lalu. Dengan cara ini, pengguna bisa membuat chat kontak untuk tetap dalam keadaan diarsipkan dan mute.

“Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali,” tulis WhatsApp dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (12/4/2022) beberapa waktu lalu.

Fitur tersebut memungkinkan chat kontak pengguna lain bisa dibisukan saat ada pesan baru yang masuk. Semua obrolan akan diarsipkan dan tetap tersimpan secara permanen.

Sementara secara default, fitur akan memisahkan chat meskipun ada pesan baru yang masuk. Saat chat masuk maka tidak akan ada notifikasi apapun, kecuali jika nama Anda di-mention dan pesan dibalas.

Kemampuan baru ini berbeda dengan sebelumnya. Utas chat individu dan grup diarsipkan akan batal saat ada pesan baru masuk ke akun kita.

Dalam blog resminya, WhatsApp menjelaskan fitur itu bertujuan untuk pengguna punya lebih banyak kontrol atas kotak masuk. Selain itu pesan tetap ada di atas chat terpenting pengguna.

Untuk menonaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju ke opsi Keep Chat Archieved dalam menu Chats. (*)