Apdesi Merasa Dicatut Soal Kades Dukung Jokowi 3 Periode

Pelayananpublik.id– Seruan Jokowi 3 Periode dari para kepala desa dianggap mencatut nama organisasi Apdesi.

Ketua Umum DPP Apdesi, Arifin Abdul Majid mengaku kesal sebab nama organisasinya telah dicatut dan diklaim mendukung gerakan tersebut.

“Meminta kepada kepolisian RI mengungkap aktor intelektual yang telah menggiring isu seolah-olah seluruh anggota Apdesi masuk mendukung perpanjangan masa jabatan presiden,” kata Arifin lewat keterangan tertulis, Kamis (31/3/2022).

Dia menilai, pencatutan Apdesi lewat acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta dinilai telah mencemarkan nama Presiden.

Terkait ini, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengungkapkan Apdesi-pendukung Presiden Jokowi tiga periode adalah organisasi yang tidak berbadan hukum.

Bahtiar menjelaskan ada dua organisasi kepala desa yang sama-sama bernama Apdesi. Dewan Pimpinan Pusat Apdesi dipimpin Surtawijaya, sedangkan Perkumpulan Apdesi dipimpin Arifin Abdul Majid.

“Ya, satu badan hukum perkumpulan dan satu ormas tak berbadan hukum terdaftar di Kemendagri sesuai UU Ormas Nomor 17 tahun 2013,” kata Bahtiar dikutip dari CNNIndonesia.com.

DPP Apdesi pimpinan Surta Wijaya sudah mengklaim bahwa usulan Jokowi Presiden hingga tiga periode didukung sekitar 60 ribu kepala desa.

Ketua Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Apdesi, Asri Anas menyebut jumlah itu merupakan kepala desa yang berada di bawah Apdesi pimpinan Surta Wijaya.

“Jumlah desa seluruh Indonesia, kepala desa 74.962. Di kita yang kepala desa aktif itu sekitar 58-60 ribu, Sabang sampai Merauke,” kata Anas dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Kamis (31/3).

Terkait dukungan Jokowi tiga periode, Anas menyebut pihaknya akan menentukan sikap lewat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pasca Idulfitri, awal Mei mendatang.

Sementara itu, soal kehadiran Luhut di acara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Apdesi, Asep Anwar Sadat mengatakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi itu juga menduduki posisi Dewan Pembina DPP Apdesi.

“Bapak Luhut Binsar Panjaitan adalah Dewan Pembina DPP Apdesi,” ujar Asep dalam jumpa pers di bilangan Senayan, Jakarta, Kamis (31/3).

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Presiden RI Jokowi menghelat acara silaturahmi bersama kepala desa (kades).

Dalam acara yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022) itu, para kades yang hadir mengatakan mendukung Jokowi menjadi presiden untuk 3 periode.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surtawijaya.

Ia mengatakan seluruh kepala desa mendukung Jokowi menjabat tiga periode. Bahkan, ia memastikan Apdesi akan mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi.

Sementara Jokowi menganggap teriakan dukungan kepada dirinya sebagai keinginan masyarakat. Hal itu disampaikan Jokowi merespons teriakan sejumlah warga Jawa Tengah yang menginginkannya memimpin tiga periode.

“Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar. Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi,” kata Jokowi melalui keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu (30/3).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *