Akun Twitter Diretas, Begini Cara Mendapatkannya Kembali

Pelayananpublik.id– Sosial media memiliki arti berbeda bagi setiap orang. Ada yang menganggapnya hanya sekedar iseng, ada pula yang merasa itu sangat penting bahkan bergantung hidup disana.

Jadi bagaimana jika akun medsos Anda diretas? Bagi sebagian orang, kehilangan akun medsos akan menimbulkan kerugian. Sehingga harus dilakukan berbagai upaya agar akun tersebut kembali.

Salahsatu akun medsos yang populer digunakan adalah Twitter. Tak jarang akun twitter lenyap atau diretas orang lain

Lalu bagaimana cara mengembalikannya?

Nah, baru-baru ini Twitter sendiri secara resmi memberikan tips cara untuk mengembalikan akun pengguna yang diretas.

Dilansir situs resmi Twitter, ada dua cara mudah untuk mengambil alih akun Twitter yang diretas.

Jika Anda merasa telah diretas dan tidak dapat masuk dengan nama pengguna dan sandi, lakukan dua langkah berikut:

1. Lakukan reset kata sandi

Reset kata sandi Anda dengan meminta email dari formulir pengaturan ulang kata sandi. Masukkan nama pengguna dan alamat email Anda, dan pastikan untuk memeriksa email atur ulang di email yang terkait dengan akun Twitter Anda.

Jika Anda dapat masuk setelah pengaturan ulang kata sandi, selanjut periksa apakah akun Anda telah disusupi dan amankan kembali akun Anda.

2. Hubungi tim support Twitter jika Anda masih memerlukan bantuan

Jika cara pertama gagal, hubungi tim support twitter dengan mengirimkan Permintaan Support (Dukungan). Pastikan juga Anda menggunakan alamat email yang Anda kaitkan dengan akun Twitter yang diretas.

Pihak twitter kemudian akan mengirimkan informasi dan petunjuk tambahan ke alamat email tersebut. Saat mengirimkan permintaan support, harap sertakan nama pengguna dan tanggal terakhir Anda mengakses akun.

Sementara itu, Staysafeonline.org meminta pengguna mengikuti langkah-langkah yang diberikan jika akun media sosialnya, termasuk Twitter yang telah diretas.

Pertama, beri tahu semua kontak Anda kemungkinan mereka mungkin menerima pesan spam yang kemungkinan berasal dari akun Anda yang telah diretas.

Beri tahu kontak Anda bahwa mereka tidak boleh membuka pesan atau mengklik tautan apa pun dari akun Anda dan memperingatkan mereka tentang potensi malware.

Jika Anda yakin komputer Anda yang diretas, pastikan perangkat lunak keamanan telah dimutakhirkan atau sudah terupdate, dan pindai sistem Anda dari malware. Anda juga dapat menggunakan pemindai dan alat penghapus lainnya.

Kemudian Anda dianjurkan untuk mengubah frasa sandi ke semua akun yang telah disusupi dan akun kunci lainnya sesegera mungkin. Adapun kata sandi yang kuat adalah kalimat yang panjangnya minimal 12 karakter.

Dalam membuat sandi, buatlah kalimat atau frasa positif yang ingin Anda pikirkan dan mudah diingat. Di banyak situs, Anda bahkan dapat menggunakan spasi atau angka dan tanda.

Jika Anda tidak dapat mengakses akun Anda karena frasa sandi telah diubah, hubungi penyedia layanan segera dan ikuti langkah apa pun yang ditawarkan penyedia untuk memulihkan akun. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *