“Geriliya Vaksinasi” Kodim 0209/LB

LABUHANBATU – Tentara Nasional Indonesia (TNI) diinstruksikan Presiden Jokowi untuk bersinergi dengan Polri dalam gerakan vaksinasi Covid-19 sejak 2 tahun terakhir ini. Kedua aparat ini pun dengan sigap siang dan malam menggelar vaksinasi, tidak terkecuali Kodim 0209/LB.

Komando Distrik Militer (Kodim) yang berada di teritorial Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan ini secara kontinu sejak perintah diturunkan,  markasnya menjadi rumah vaksinasi Covid-19 buat masyarakat. Hingga saat ini pun, Kodim 0209/LB masih terus menggencarkan vaksinasi di sejumlah wilayah di tiga kabupaten, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan.

Tidak tanggung-tanggung, serbuan vaksinasi di wilayah itu juga menyapa warga pedesaan dibawah kendali Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap dengan menggerakkan seluruh Komando Rayon Militer (Koramil).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Tak cuma Danramil yang wajib kita perintahkan. Babinsa juga kami kerahkan untuk mengajak masyarakat terpencil sekalipun untuk wajib vaksin. Ini instruksi kepada seluruh jajaran TNI di wilayah kerjanya masing-masing dengan berkolaborasi bersama kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu,” ucap Dandim Labuhanbatu, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap membuka perbincangan seraya menyampaikan serbuan vaksinasi dengan pola door to door. Asrul menegaskan, door to door itu mereka tegaskan  sebagai gerakan “Gerilya Vaksinasi” agar masyarakat di kampung-kampung yang  belum terjama supaya terlayani vaksin Covid-19.


Teks foto: Serbuan vaksinasi Covid-19 yang digelar Kodim 0209/LB.

Bayangkan sulitnya menjaring masyarakat hingga pedalaman tak menyulitkan langkah personel Kodim di tiga Kabupaten. Gerilya Vaksinasi di Kabupaten Labuhanbatu Raya mulai dari dosis 1, 2, hingga Booster.

“Percepatan serbuan vaksinasi di seluruh wilayah jajaran untuk mencapai target yang diharapkan saat ini. Untuk itu saya imbau masyarakat juga harus berperan aktif ‘Sadar Vaksin’ supaya kita terhindar dari momok yang menakutkan ini. Sebab, TNI/Polri dengan kolaborasi ini ditargetkan 75 persen dari seluruh penduduk,” jelas Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap.

Kodim 0209/LB berharap dengan peran Sadar Vaksin masyarakat pencapaian itu dapat terus ditingkatkan agar dapat mencapai target. Apalagi, Presiden Jokowi telah mengumumkan untuk tahun ini dimasa Ramadhan masyarakat dipersilahkan melaksanakan solat tarawih berjamaah di masjid hingga tidak lagi larangan mudik lebaran asal masyarakat sudah divaksin Booster.
Target 75 persen masyarakat tervaksin khususnya di Labuhanbatu Raya semoga tercapai. Sehingga status level  COVID-19 di Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan bisa menjadi level 2.

Vaksinasi Booster

Program vaksinasi dosis ketiga atau booster mulai diluncurkan Januari 2022. Dikutip dari berbagai sumber, vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Program ini salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan vaksinasi booster berbeda dengan istilah vaksinasi tambahan (additional dose) yang mungkin dibutuhkan saat imunitas individu tidak terbentuk dengan cukup setelah vaksinasi primer. Yang umumnya ditemukan pada penderita gangguan kekebalan tubuh.

“Diluar dari beberapa manfaat vaksin booster dalam konteks kesehatan, vaksin booster secara tidak langsung dapat menjadi modal untuk penguatan pemulihan ekonomi,” Wiku dalam Keterangan Pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/1/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

TNI dan Polri termasuk Kodim 0209/LB terus mendukung program vaksinasi nasional yang dilaksanakan pemerintah.

Pihak Kodim 0209/LB telah melaksanakan serbuan vaksinasi, baik vaksinasi secara mobile dan bekerja sama dengan pihak swasta hingga menyediakan vaksinator. Setidaknya ini wujud pengabdian Kodim 0209/LB dalam menekan angka kematian akibat Covid-19.

“Kami akan terus mengimbau masyarakat untuk terus berkontribusi dengan mengikuti vaksinasi dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta Mencuci tangan pakai sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer,” imbau Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap. (njb)